• Minggu, 3 Juli 2022

Sangat Potensial, Konsep Pertanian Urban Farming Harus Terus Dikembangkan di Kota Tasikmalaya

- Minggu, 19 Juni 2022 | 23:18 WIB
Nana Sujana (istimewa)
Nana Sujana (istimewa)

TINTA PUTIH - Salah seorang penyuluh pertanian swadaya (PPS) asal Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya Nana Sujana menekankan agar pengembangan urban farming (konsep pertanian, perkotaan) harus tetap ditingkatkan.

Karena banyak sekali manfaat, seperti hemat biaya, ramah lingkungan, menambah estetika lingkungan, dan menghasilkan produk pertanian yang sehat.

Menurutnya, urban farming sangat hemat biaya karena tidak memerlukan lahan yang luas untuk pertanian. Disamping itu, ramah lingkungan karena dapat menggunakan sampah rumah tangga. Sampah dapur dan sampah pekarangan juga dapat dimanfaatkan diolah menjadi pupuk organik.

Baca Juga: Target DPD PAN Pangandaran Pada Pemilu dan Pilkada: Susi Pudjiastuti Capres 2024

Ini menjadi keunggulan ekologis dari urban farming dibanding pertanian konvensional. "Selain dapat dijadikan sumber pangan, berfungsi untuk mempercantik pekarangan rumah," katanya, Minggu 19 Juni 2022.

Nana menambahkan hasil produksi urban farming berupa sayuran yang dikelola oleh dirinya beserta puluhan kelompok telah lolos dan diterima untuk dipasarkan di sebuah supermarket ternama di Kota Tasikmalaya.

Salah seorang manager di salah satu supermarket Ferry N mengaku pihaknya telah membangun kemitraan dengan kelompok tani perkotaan binaan Nana dengan menerima pasokan hasil produksi pertanian berupa sayuran.

Baca Juga: Dua Pemain Persib Bandung Jalani Debut Saat Melawan Persebaya, Robert Alberts Berikan Penilaian Khusus

"Alhamdulilah kita sudah bisa menjalin kemitraan dengan Pak Nana, sebetulnya kita membuka lebar siapapun untuk bisa memasarkan produknya, namun tentunya harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh manajemen," ucapnya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

100 Hektar Sawah di Ciganjeng Terendam Banjir

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:17 WIB

Akibat PMK Merebak, Sapi di Peternakan Mogok Makan

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:22 WIB

24 Calon Jemaah Haji Pangandaran Gagal Berangkat

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:14 WIB

Ratusan Warga Bantarkalong Tasikmalaya Keracunan

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:26 WIB
X