• Minggu, 3 Juli 2022

Semangat yang Kuat, Salah Satu Kunci Keberhasilan Dosen Unper Tasikmalaya Mendapat Hibah Penelitian

- Senin, 20 Juni 2022 | 23:46 WIB
Ketua LPPM Unper Tasikmalaya Dr Eming Sudiana MSi.* (Istimewa)
Ketua LPPM Unper Tasikmalaya Dr Eming Sudiana MSi.* (Istimewa)

TINTA PUTIH - Semangat dan disiplin yang ditunjukkan para dosen Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya untuk mendapatkan bantuan hibah penelitian layak diacungi jempol.

Buktinya 16 dari 29 proposal usulan penelitian yang dikirim ke Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah IV yang meliputi Jabar dan Banten berhasil lolos. Unper pun tercatat masuk sepuluh besar Perguruan Tinggi dengan jumlah usulan penelitian yang lokos terbanyak di wilayah tersebut.

Ketua LP2M Dr. Eming Sudiana, MSi maupun Sekretaris LP2M Unper Lystiana Nurhayat Hakim MPd, tak menyangkal bahwa semangat para dosen sangat kuat dan hebat, sehingga jadi dalah satu kunci keberhasilan menyerap bantuan hibah penelitian kepada masyarakat tersebut.

Baca Juga: Kawanan Perampok Beraksi di Kantor Disdik Kabupaten Tasikmalaya

"Para dosen Unper sangat hebat, mereka memiliki kemauan yang gigih untuk memenangkan pendanaan tersebut. Dengan kemauan yang gigih itu, para dosen Unper juga selalu mengembangkan diri dengan cara meng-update pengetahuan terkini," kata Eming, Senin 20 Juni 2022.

Dalam menyusun proposal pun, kata Eming, mereka tidak menggunakan sistem kebut semalam, tapi jauh-jauh hari mereka sudah mulai menyusun dan menyiapkan proposal sesuai target skema yang mereka bidik.

Proposal yang telah disiapkan oleh dosen tersebut kemudian difasilitasi oleh LPPM untuk dilakukan pendampingan dan dikonsultasikan ke sejawat-sejawatnya yang bidang ilmunya sama untuk dilakukan evaluasi tentang kelemahan dari proposalnya.

Baca Juga: Terpilih Jadi Pembaca Do'a Tingkat Nasional di Jamnas XI Hizmi Siap Jadi yang Terbaik

Namun meski jumlah usulan yang lolos lebih banyak, tapi nilai uang yang diperoleh hanya sekitar Ro 600 juta. Jumlah dana tersebut sebenarnya menurun dibanding tahun 2021 yang mencapai sekitar Rp 1,1 miliar.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

100 Hektar Sawah di Ciganjeng Terendam Banjir

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:17 WIB

Akibat PMK Merebak, Sapi di Peternakan Mogok Makan

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:22 WIB

24 Calon Jemaah Haji Pangandaran Gagal Berangkat

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:14 WIB

Ratusan Warga Bantarkalong Tasikmalaya Keracunan

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:26 WIB
X