• Kamis, 30 Juni 2022

Penanganan Penyakit Menular di Kota Tasikmalaya Perlu Kolaborasi Lintas Sektoral

- Jumat, 24 Juni 2022 | 00:18 WIB
Ketua Pansus Ranperda P3M DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani SE, MM, berdiskusi seusai rapat dengar pendapat.* (tintaputih.net/Husaini)
Ketua Pansus Ranperda P3M DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani SE, MM, berdiskusi seusai rapat dengar pendapat.* (tintaputih.net/Husaini)

TINTA PUTIH - Sejumlah stakeholder mulai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kampus, lembaga swadaya masyarakat dan lainnya di Kota Tasikmalaya harus memiliki kesamaan visi dan tanggung jawab untuk bersama-sama berupaya melakukan

pencegahan dan pengendalian penyakit menular (P3M) yang berkembang di Kota Tasikmalaya. Kebersamaan dan kolaborasi jadi poin penting karena persoalan tersebut tak melulu jadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

"Makanya dalam dengar pendapat ini, kami undang dan merangkum banyak masukan," kata Ketua Pansus Ranperda P3M DPRD Kota Tasikmalaya, H. Murjani SE, MM usai rapat dengar pendapat pembahasan Ranperda P3M di ruang rapat paripurna DPRD, Kamis 23 Juni 2022.

Baca Juga: Investigasi Tragedi Meninggalnya 2 Bobotoh Persib di GBLA Selesai, Ini Poin-poin Hasil Investigasi Komdis PSSI

'Itu dalam upaya P3M tersebut mulai penyakit Tubercolosa, HIV/AIDS, DBD, Covid-19 dan yang lain dari berbagai unsur masyarakat dan lembaga terkait," ujarnya.

Artinya, dalam implementasinya nanti, Perda tersebut tidak bisa dilaksanakan oleh Dinkes saja, melainkan harus ada peran lintas sektoral dan masyarakat.

Berkaca pada penanganan Covid-19, kata Murjani, kebersamaan dan partisipasi lintas sektoral mulai Dinkes, Dinsos, Diskoperindag, Dinas KB dan lainnya terbukti cukup sukses meredam pandemi Covid-19 itu.

Baca Juga: Siap-siap Netizen, Facebok, Twitter, WhatsApp dan Netflix Akan Blokir Medsos yang ada di Indonesia, Kecuali..

"Nah keberhasilan itu akan coba adopsi jadi payung hukum untuk melegitimasi tugas dan tanggung jawab pihak-pihak terkait dalam P3M ini," kata Murjani menambahkan.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

100 Hektar Sawah di Ciganjeng Terendam Banjir

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:17 WIB

Akibat PMK Merebak, Sapi di Peternakan Mogok Makan

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:22 WIB

24 Calon Jemaah Haji Pangandaran Gagal Berangkat

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:14 WIB

Ratusan Warga Bantarkalong Tasikmalaya Keracunan

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:26 WIB
X