• Senin, 8 Agustus 2022

Akibat PMK Merebak, Sapi di Peternakan Mogok Makan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:22 WIB
Kerugian peternak sapi di Bandung Barat akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) capai hingga Rp 9 miliar (Foto: Abdul Kholilulloh)
Kerugian peternak sapi di Bandung Barat akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) capai hingga Rp 9 miliar (Foto: Abdul Kholilulloh)

TINTAPUTIH - Puluhan sapi di peternakan Dusun Nusawiru, Desa/Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran erindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Akibatnya sebanyak 20 sapi mogok makan.

Peternak Sapi Nusawiru Sodikun (70) mengatakan, dari 50an ekor sapi yang ada di kandang, 20 ekor yang terindikasi PMK mengalami mogok makan.

"Sudah dikasih pakan tapi sapinya kelihatan lesu, dan makan pun susah," kata Sodikun. Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Pemkab Pangandaran Vaksin 300 Hewan Ternak Untuk Cegah PMK Jelang Idul Adha

Menurut Sodikun sapi yang mogok makan sudah diberi vitamin dan dicekokin obat alami memakai bubuk kunyit. "Alhamdulillah sebagian sudah ada yang mulai mau makan normal, cuman tidak banyak," ucapnya.

Sementara sapi yang terjangkit PMK ada sebagian yang akan dijual untuk kebutuhan hewan kurban. "Kalo merambat lebih banyak yang terkena PMK, peternak disini bisa mengalami kerugian. Karena sudah ada sapi yang di boking, tapi gak tega kalo harus dikasih karena PMK," katanya.

Harga sapi yang ditawarkan dari jenis mental dan limosin bisa dihargai 18 juta sampai 30 juta. "Kalo 1-3 saja gagal beli, kerugiannya bukan sedikit," katanya.

Baca Juga: Destinasi Baru Pantai Muaragatah Pangandaran, Pemandangan Indah Cocok Untuk Healing Bersama Keluarga

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Dian Ghaniyy Fahmi menyampaikan bahwa adanya penambahan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Pangandaran meningkat menjelang Idul Adha 2022.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB

Diduga Polisi Gadungan Lakukan Tilang

Minggu, 31 Juli 2022 | 16:19 WIB
X