• Selasa, 27 September 2022

Banjir Bandang Terjang Garut dan Kampung Naga Tasikmalaya

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:30 WIB
Banjir bandang di Kampung Naga Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. (istimewa)
Banjir bandang di Kampung Naga Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. (istimewa)


TINTAPUTIH - Bencana banjir bandang menerjang sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jumat 15 Juli 2022 malam. Akibat musibah itu ratusan warga mengungsi karena rumahnya kebanjiran.

Sejumlah wilayah yang diterjang banjir bandang yang cukup parah di Kecamatan Garut Kota, yaitu di kawasan Kota Wetan, Maktal, Kaum Lebak hingga Ciwalen. Ketinggian banjir sempat mencapai sedada orang dewasa.

Lurah Kota Wetan Galih Mawariz mengatakan hingga Sabtu (16/7/2022) dini hari, banjir masih menggenangi rumah warganya. Diprediksi ada ratusan rumah yang terdampak.

"Ketinggian air sudah turun, tapi belum signifikan. Sekarang ketinggiannya di bawah pusar tubuh orang dewasa. Kami saat ini masih di lapangan dan melakukan penyisiran, dikhawatirkan masih ada warga yang terjebak di rumah," kata Galih.

Baca Juga: Remarriage and Desires, Drama Seru di Sebuah Agen Perjodohan

Selain di sejumlah daerah di Garut Kota, kawasan Cimacan di Kecamatan Tarogong Kidul juga menjadi titik banjir terparah saat ini. Ketinggian air di sana dikabarkan mencapai dua meter. Kawasan Cimacan sendiri posisinya berada di pinggiran Sungai Cimanuk.

Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Alit Kadarusman mengatakan, ada warga yang terjebak di dalam rumah di kawasan Cimacan. Saat ini, petugas tim SAR gabungan sedang berupaya untuk melakukan penyisiran dan evakuasi.

"Ada puluhan warga yang terjebak di rumah mereka. Saat ini kita bersama tim SAR gabungan sedang melakukan upaya evakuasi menggunakan perahu karet," ungkap Alit.

Situasi arus air di Sungai Cimanuk sendiri saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jika biasanya air hanya berada di dasar sungai, saat ini air terpantau berarus deras dan volumenya meningkat.

Baca Juga: Mahasiswa Tasikmalaya Kembali Serukan Penolakan RUU KUHP

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Anggota DPRD Depok Diduga Aniaya Supir Truk

Sabtu, 24 September 2022 | 22:33 WIB

Mobil Truk Tabrak Tiang BTS, 10 Orang Tewas

Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:35 WIB

Gelombang Tinggi Menghantam Perairan Pangandaran

Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:02 WIB

Ferdy Sambo Dipecat dari Institusi Polri

Jumat, 26 Agustus 2022 | 08:45 WIB

Sidang Kode Etik Ferdy Sambo, Hadirkan Lima Saksi

Kamis, 25 Agustus 2022 | 12:12 WIB

Ferdy Sambo Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:33 WIB

Terpopuler

X