Mengambil Rekaman CCTV, Satu Pelanggaran Etik Irjen Ferdy Sambo

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:05 WIB
Ferdy Sambo ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok. (Tangkapan layar instagram @divpropampolri.)
Ferdy Sambo ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok. (Tangkapan layar instagram @divpropampolri.)

TINTAPUTIH - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dibawa ke Mako Brimob terkait pelanggaran etik menyangkut kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Salah satu pelanggaran etik yang dituduhkan kepada Ferdy Sambo adalah karena dianggap tidak profesional saat menangani atau saat berada di TKP. Ferdy diduga orang yang mengambil CCTV di TKP.

"(Ketidakprofesionalan) dalam pelaksanaan olah TKP seperti Pak Kapolri sampaikan, terjadi misalnya pengambilan CCTV dan lain sebagainya," jelas Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Dedi pun meminta publik bersabar menanti hasil pemeriksaan lengkap tim khusus. Dedi mengatakan Polri berjanji akan membuat kasus ini terang benderang.

Baca Juga: Borneo FC vs Persib, Maung Bandung Bertekad Bangkit Raih 3 Poin Perdana Musim Ini, Milomir Siap Antisipasi

"Ini nanti, rekan-rekan, saya tidak mau menyampaikan terlalu terburu-buru. Saya menunggu betul-betul kerja timsus selesai semuanya. Kalau selesai semuanya, baru bisa dijelaskan secara komprehensif," kata Dedi.

Dedi juga meluruskan kabar penangkapan Irjen Ferdy Sambo terkait kasus tewasnya alias Brigadir J. Polri membantah jika Irjen Sambo ditangkap. "Iya betul, jadi tidak ada itu (penangkapan)," kata Irjen Dedi Prasetyo

Sementara itu Menko Polhukam Mahfud Md menyebut perkara etik Ferdy Sambo tidak mengesampingkan pelanggaran pidananya. Justru hukum pelanggaran etik dan pelanggaran pidana bisa sama-sama jalan sehingga tidak harus saling menunggu dan tidak bisa saling meniadakan.

"Artinya, kalau seseorang dijatuhi sanksi etik bukan berarti dugaan pidananya dikesampingkan. Pelanggaran etik diproses, pelanggaran pidana pun diproses secara sejajar," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus Budiman Tiba-tiba Terbakar di Garasi

Sabtu, 28 Januari 2023 | 15:46 WIB

Pria ODGJ Pembakar Masjid di Garut Tak Punya BPJS

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:25 WIB

Masjid Dibakar Pemuda ODGJ di Leles Garut

Senin, 23 Januari 2023 | 22:37 WIB

Dua Polisi Terlibat Hubungan Sesama Jenis, Dipecat!

Jumat, 20 Januari 2023 | 21:56 WIB
X