• Rabu, 30 November 2022

Mantan Pemimpin Uni Soviet dan Peraih Nobel Perdamaian Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:55 WIB
Mikhail Gorbachev
Mikhail Gorbachev

TINTAPUTIH Mantan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev, yang memainkan peran sentral dalam mengakhiri Perang Dingin, meninggal Selasa (30/8) pada usia 91 tahun.

Media Rusia melaporkan kematiannya, mengutip rumah sakit yang merawatnya mengatakan dia meninggal karena "penyakit serius dan berkepanjangan," tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

Kebijakan merek dagang Gorbachev tentang glasnost dan perestroika membantu membuka ekonomi Soviet dan meliberalisasi masyarakat di akhir 1980-an, menghadapi masa lalunya dan terlibat dengan para pemimpin Barat dalam pengendalian senjata.

Baca Juga: Mobil Truk Tabrak Tiang BTS, 10 Orang Tewas

Dia juga mengawasi penarikan pasukan Soviet dari sekitar satu dekade kampanye militer di Afghanistan, serta penanganan Chernobyl oleh Uni Soviet.

Dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1990, ia dilihat oleh banyak orang di luar negeri, termasuk Presiden Ronald Reagan, sebagai seorang visioner. Tapi ia juga sangat kontroversial, dimana banyak yang memandangnya sebagai orang yang merekayasa runtuhnya Uni Soviet.***

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Sumber: npr.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratu Elizabeth Tidak Pernah Sekolah

Minggu, 11 September 2022 | 14:38 WIB

Terpopuler

X