• Selasa, 9 Agustus 2022

Sejarah Hari Antikorupsi Sedunia dan Link Twibbon untuk Dibagikan di Media Sosial

- Jumat, 10 Desember 2021 | 10:06 WIB
Hari Antikorupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember (Kabar Besuki-Pikiran Rakyat)
Hari Antikorupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember (Kabar Besuki-Pikiran Rakyat)

TINTAPUTIH - Pada Kamis, 9 Desember 2021 lalu, merupakan Hari Antikorupsi Sedunia. Perilaku buruk ini diperingati demi meningkatkan kesadaran akan bahaya dan kerugian korupsi.

Korupsi adalah fenomena sosial, politik, dan ekonomi yang memengaruhi negara.

Korupsi sudah merusak institusi demokrasi, menghambat pertumbuhan ekonomi, dan berkontribusi pada ketidakstabilan politik.

Selain itu, korupsi juga merusak lembaga-lembaga demokrasi dengan mendistorsi proses pemilu, memutarbalikkan supremasi hukum, dan menciptakan rawa-rawa birokrasi yang tujuan utamanya adalah untuk meminta suap.

Baca Juga: Herry Wirawan, Guru Ponpes Diduga Pakai Dana Bantuan Pemerintah untuk Perkosa Santriwati di Hotel

Praktik ini juga mengakibatkan pembangunan ekonomi terhambat karena investasi asing langsung tertahan, serta usaha kecil di dalam negeri sering kali mengalami kesulitan untuk mengatasi 'biaya awal' yang ditimbulkan oleh korupsi.

Sejarah hari antikorupsi sedunia berawal dari Konvensi PBB Menentang Korupsi yang kemudian diadopsi oleh Majelis Umum pada tanggal 31 Oktober 2003.

Sekretaris Jenderal selanjutnya diminta untuk menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) sebagai sekretariat untuk Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi yang menyuarakan antikorupsi. (resolusi 58/4).

Lalu pada tanggal 9 Desember, Majelis mendeklarasikan Hari Anti Korupsi Internasional untuk meningkatkan kesadaran bahaya korupsi dan peran Konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Konvensi tersebut mulai berlaku pada Desember 2005.

Untuk memerangi kejahatan ini, pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, media, dan warga dari seluruh dunia bersatu. Upaya ini dipimpin oleh Program Pembangunan PBB (UNDP) dan Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC).

Halaman:

Editor: Farid Riadh

Sumber: PBB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X