• Minggu, 3 Juli 2022

Hasil Survei Populi Center, Tokoh Asal Jawa Ini yang Paling Banyak Dapat Dukungan Jadi Presiden

- Senin, 20 Desember 2021 | 18:32 WIB
Ilustrasi survei. (Mohammed Hasan/Pixabay)
Ilustrasi survei. (Mohammed Hasan/Pixabay)


TINTAPUTIH - Meski terbilang masih lama namun sejumlah nama tokoh pengganti Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia sudah mulai bermunculan. Mereka sebagian besar adalah para tokoh dari partai politik besar.

Lembaga Survei Populi Center belum lama ini membuat sebuah survei untuk mengetahui sejauh mana antusias masyarakat mengenai calon presiden yang sudah mulai bermunculan.

Survei yang dilakukan sejak 1 hingga 9 Desember 2021 ini melibatkan 1.200 responden dari seluruh Indonesia. Margin of error dalam survei ini pun terbilang kecil yakni 2,83 persen.

Direktur Populi Center Usep Ahyar mengatakan, sebanyak 69,4 persen responden menilai demokrasi di Indonesia selama satu tahun terakhir telah berjalan baik. Sementara 28,4 persen lainnya menyebut demokrasi sangat buruk.

"Dibanding survei sebelumnya, pelaksanaan demokrasi di Indonesia dinilai lebih baik saat ini," ujar Usep dalam rilis yang diterima tintaputih, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Meneropong Langkah Politik Ridwan Kamil di Kenduri Demokrasi 2024

Sementara soal pilihan partai politik menunjukkan ada enam partai yang memiliki persentase elektabilitas di atas empat persen. Sisanya di bawah empat persen dan bahkan tidak ada memilih.

Enam partai tersebut adalah PDIP (20,5 persen), Gerindra (13,1 persen), Demokrat (9,6 persen), Golkar (8,3 persen), PKB (8,2 persen) dan PKS (7 persen).

"Tidak ada responden yang memilih Partai Ummat, PKPI dan Berkarya pada survei kali ini," katanya.

Dalam survei tersebut Populi Center juga menyodorkan lima tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres. Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erick Thohir dan Puan Maharani.

Hasilnya sosok Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang paling banyak mendapat dukungan. Total ada 58,3 persen yang mendukung politisi PDIP itu maju di Pilpres. Sementara sisanya 29,1 persen tidak setuju dan 12,6 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Di posisi kedua ada Anies Baswedan yang mendapat 47,3 persen dukungan, Prabowo Subianto 46,6 persen dukungan, Erick Thohir 27,5 persen dukungan dan terakhir Puan Maharani 17,5 persen dukungan.

"Hasil ini menunjukkan bahwa dari kelima tokoh yang ditanyakan kepada responden secara terpisah, pada saat ini Ganjar Pranowo mendapatkan paling banyak dukungan. Survei ini menunjukkan mengenai tingkat dukungan dan bukan tingkat elektabilitas dari lima tokoh tersebut," pungkas Usep.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X