• Minggu, 3 Juli 2022

KPU Pusat Luncurkan Desa Peduli Pemilu di Kabupaten Purwakarta

- Selasa, 21 Desember 2021 | 15:45 WIB
KPU Luncurkan Desa Peduli Pemilu di Kabupaten Purwakarta (diskominfo Purwakarta)
KPU Luncurkan Desa Peduli Pemilu di Kabupaten Purwakarta (diskominfo Purwakarta)

TINTAPUTIH - Masyarakat desa memiliki peran strategis dalam pembangunan demokrasi. Desa merupakan susunan pemerintahan terkecil dan terdekat dengan warga negara dan juga desa dalam sistem pemerintahan daerah merupakan ujung tombak suksesnya otonomi daerah karena didalam sistem pemerintahan daerah terdapat suatu hak dan kewajiban desa untuk menjalankan roda pemerintahan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Rartna Mustika pada Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Kabupaten Purwakarta yang dilakukan KPU RI bersama jajaran KPU Kabupaten Purwakarta, di Bale Sawala Yudhistira, Selasa 21 Desember 2021.

Menurut Ambu Anne, dengan begitu pentingnya peran desa dalam demokrasi, maka sudah sepantasnya semua pihak harus memberikan perhatian yang lebih terhadap desa. Dalam hal kesejahteraan maupun pemberadayaan, karena kesuksesan membangun desa secara tidak langsung menguatkan bangunan demokrasi di Indonesia.

Baca Juga: Alun-alun Pangandaran Magnet Baru Aktivitas Masyarakat

"Kami berharap dengan adanya program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang digagas oleh KPU RI beserta jajarannya, akan membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat dan juga meningkatkan partisipasi pemilih pada ajang pesta demokrasi baik Pileg, Pilpres maupun Pilkada," kata Ambu Anne.

Karena, lanjut Ambu Anne, membangun kesadaran politik masyarakat merupakan elemen penting dalam demokrasi yang akan melahirkan pemilih yang mandiri dan rasional.

"Salahsatu indikator pemilih yang mandiri dan rasional yaitu dalam menentukan pilihan politik, yang tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek, kekuasaan dan kompensasi politik yang bersipat individual. Karena tujuan akhir dari demokrasi adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Ambu Anne.

Sementara, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, program DP3 yang telah diluncurkan pada 20 Agustus 2021 lalu merupakan program unggulan KPU.

"Kami bersyukur ternyata di daerah dengan sinergi dan kolaborasi bersama pemerintah daerah dapat mengimplementasikan program ini yang bertujuan agar demokrasi di Indonesia semakin tumbuh," kata I Dewa Kade.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X