• Minggu, 22 Mei 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi Karena Dianggap Identik dengan Jokowi

- Kamis, 23 Desember 2021 | 12:04 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Tangkap layar YouTube Ganjar Pranowo)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Tangkap layar YouTube Ganjar Pranowo)

TINTAPUTIH - Pengamat politik yang juga direktur lembaga survei Populi Center, Usep Ahyar mengatakan tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, karena dipandang identik dengan Presiden Jokowi.

Selain itu penampilan dan gaya komunikasi politik Ganjar dianggap menarik di mata publik. "Diantara tokoh-tokoh yang sekarang pilihan publik, sosok Ganjar diidentikkan dengan Jokowi. Makanya, pilihan ke Ganjar tinggi. Apalagi tingkat kepuasan publik ke Pak Jokowi tinggi," kata Usep tintaputih Kamis (23/12/2021).

Pemilih Jokowi dalam Pilpres kemarin, saat ini memilih ke Ganjar. Selain karena penampilan dan gaya kepemimpinannya dinilai bagus, Ganjar juga di media sosialnya cukup menarik. Dia mampu menampilkan tema-tema menarik dan tidak membosankan.

Baca Juga: Kesepakatan G20 Bubar Gegara Presiden Jokowi Menolak Tanda Tangan

Sementara, mereka yang memilih ke Anies Baswedan, sebagian besar yang kontra Jokowi. "Mereka yang tidak memilih ke Pak Jokowi, saat ini memilih ke Anies, " ujarnya.

Dalam kondisi sekarang, katanya, posisi Prabowo yang tertekan. Setelah masuk ke pemerintahan Jokowi, banyak pendukungnya menyeberang ke Anies.

Makanya, pemilih Prabowo saat Pilpres kini banyak bergeser. Kondisi itu, membuat elektabilitas atau kans Prabowo ke depan cukup berat.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, empat lembaga survei yang meneropong elektabilitas calon Presiden, semuanya menempatkan Ganjar di urutan paling atas.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Ramadhan dan Pendididkan Demokrasi

Kamis, 21 April 2022 | 12:26 WIB
X