• Senin, 4 Juli 2022

Peluang Dedi Mulyadi Jadi Capres, Pengamat : Lebih Berpeluang di Jabar

- Kamis, 13 Januari 2022 | 18:12 WIB
Masuk 10 Besar Hasil Survei Calon Presiden, Ini Jawaban Dedi Mulyadi
Masuk 10 Besar Hasil Survei Calon Presiden, Ini Jawaban Dedi Mulyadi

TINTAPUTIH - Kemunculan nama politisi Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi dalam 10 besar Top of Mind Pilihan Presiden hasil survei Indikator Politik Indonesia, mendapat tanggapan dari Prof Muradi, pengamat politik dari Unpad Bandung.

"Saya tak terlalu melihat potensi dia ke nasional, its too far kalau jadi presiden," kata Muradi, saat ditemui di kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Kamis (13/1/2022).

Alih-alih menjadi calon Presiden, Muradi justru melihat peluang besar Dedi Mulyadi untuk menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Saya curiga beliau (Dedi Mulyadi) ke Jabar, nggak ke nasional. Karena yang dia ambil selama ini adalah isu Jabar. Poin pentingnya, kalau RK (Ridwan Kamil) ke nasional maka Dedi punya peluang. Kalau RK tetap di Jabar, maka Dedi akan menjadi kompetitor serius," kata Muradi.

Muradi memaparkan alasan opininya menyebut Dedi Mulyadi sulit menjadi calon Presiden. Menurut dia Dedi selama ini hanya berkutat pada isu-isu lokal Jawa Barat. Berbeda dengan Ganjar Pranowo atau RK yang membawa atau mengolah isu lokal menjadi isu nasional.

"Kalau Ganjar dia mengolah isu Jawa Tengah lalu dibawa ke nasional, RK juga demikian. Nah kalau Dedi Mulyadi saya melihat dia ingin dikenal sebagai tokoh genuine Jawa Barat," kata Muradi.

Baca Juga: Takut Makan Umbi Gadung Karena Beracun, Begini Cara Mengolahnya

Dia menilai jika Dedi Mulyadi ingin mulai bermain di bursa calon Presiden maka harus mengikuti langkah tokoh lainnya. Mengolah isu lokal menjadi isu nasional. "Misalnya dia bergerak ke Bali, atau lainnya," kata Muradi.

Namun terlepas dari hal itu Muradi menilai Dedi Mulyadi terdongkrak elektabilitasnya sebagai imbas popularitas media sosial yang dimilikinya. "Lihat saja kanal Youtube miliknya, itu kan diikuti jutaan orang. Itu poin penting dari publikasi Dedi Mulyadi. Jadi menurut saya hal wajar jika kemudian nama Dedi melambung bahkan mengalahkan Ketua Umum Golkar Airlangga," kata Muradi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X