• Kamis, 11 Agustus 2022

Arteria Dahlan Tidak Bisa Dipidana Karena Punya Hak Imunitas

- Jumat, 4 Februari 2022 | 20:01 WIB
Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan
Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan

TINTAPUTIH - Polda Metro Jaya menyimpulkan bahwa anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, tidak bisa dipidana dalam kasus bahasa Sunda. Karena sebagai anggota DPR dia memiliki hak imunitas dan mengacu pada UU MD3.

Beberapa waktu lalu, Arteria telah dilaporkan oleh Masyarakat Adat Sunda soal pernyataannya di Rapat Komisi III DPR dan Polda Metro Jaya telah melaksanakan gelar perkaranya.

"Berdasarkan keterangan ahli, berdasarkan ketentuan UU yang diatur dalam Pasal 224 UU RI Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau MD3, terhadap saudara Arteria Dahlan dapat disimpulkan tidak dapat dipidanakan," ujar Kabid Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya Jakarta, Jumat 4 Februari 2022.

Zulpan mengatakan bahwa dalam pasal 1 UU MD 3 disebutkan jika anggota DPR tidak dapat dituntut di depan pengadilan.

Baca Juga: Petugas PLN Dihajar Warga Diduga Karena Meteran Dicabut

"Karena pernyataan atau pendapat yang dikemukakan baik secara lisan ataupun tertulis, di dalam rapat DPR ataupun di luar rapat DPR, berkaitan dengan fungsi serta wewenang dan tugas DPRD," bebernya.

Selain itu, dalam pasal 2 UU MD3 disebutkan bahwa anggota DPR tidak dapat dituntut di depan pengadilan, karena sikap, tindakan, kegiatan di dalam rapat DPR ataupun di luar rapat DPR, yang semata-mata hak dan kewenangan konstitusioanl DPR.

Arteria juga tidak bisa dilaporkan atau dipidanakan, karena sebagai anggota DPR RI dia memiliki hak imunitas.

"Terhadap saudara Arteria Dahlan srbagai anggota DPR RI, yang bersangkutan juga memiliki hak imunitas, sehingga tidak dapat dipidanakan," ucapnya.***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X