• Senin, 4 Juli 2022

Musrenbang Tingkat Kota Tasikmalaya Jarang Libatkan Anggota DPRD

- Selasa, 15 Maret 2022 | 18:37 WIB
Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya H. M. Rijal.
Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya H. M. Rijal.

TINTAPUTIH - Sejumlah anggota DPRD mengaku cukup menyesalkan pelaksanaan pramusrenbang atau Musrenbang yang jarang melibatkan banyak anggota legislatif.

Padahal hal itu penting untuk memastikan program yang diperjuangkan saat Musrenbang di tingkat kelurahan maupun kecamatan mendapat pengawalan.

Tanpa pengawalan anggota DPRD, usulan program yang diusulkan dari bawah, nyatanya banyak yang tidak mendapat persetujuan.

"Ketika Musrenbang tingkat kelurahan hingga kecamatan diundang, tetapi saat Musrenbang tingkat kota atau sektoral, hanya perwakilan komisi yang diundang," ujar anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya H. M. Rijal.

Baca Juga: Dua Kali Mangkir Rapat Bahas Minyak Goreng, DPR Akan Panggil Paksa Menteri Perdagangan

Peran serta anggota DPRD, ujar politisi PKS ini penting karena pada tahun 2023, pemegang kendali pemerintahan akan diberikan kepada pelaksana tugas yang kemungkinan ditunjuk oleh Pemprov Jabar.

Saat ini, ujar dia, perencanaan partisipatif dari masyarakat yang menitikberatkan pada program pemberdayaan masyarakat yang terkait peningkatan ekonomi banyak diusulkan.

"Karena tidak banyak dilibatkan dalam pelaksanaan Musrenbangnya, maka informasi detail soal program yang direncanakan harus intens disampaikan ke masyarakat," ujar dia.

Ia memaklumi bahwa tidak mungkin semua usulan diakomodasi. Maka dia berharap program yang memang untuk kepentingan masyarakat luas lebih diutamakan terlebih dulu, sesuai dengan regulasi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X