• Jumat, 1 Juli 2022

Figur Muda Dinilai Kurang Diberi Kesempatan Maju dalam Pilkada Kota Tasikmalaya

- Rabu, 20 April 2022 | 23:20 WIB
Puluhan warga Sukamaju Kaler Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya mengikuti silaturahmi.* (tintaputih.net)
Puluhan warga Sukamaju Kaler Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya mengikuti silaturahmi.* (tintaputih.net)

TINTA PUTIH - Jumlah generasi muda yang berusia antara 15-35 tahun kini sudah berada di angka lebih dari 50 persen dari jumlah masyarakat yang tinggal di Kota Tasikmalaya. Dengan fakta itu, figur kepala daerah ke depan akan lebih ideal manakala dinahkodai pemimpin muda.

Paling tidak pemimpin yang berasal dari generasi yang sama akan mengetahui betul kebutuhan generasi muda.  "Jadi partai politik juga diharapkan membuka pintu lebar-lebar kesempatan untuk kaum muda memimpin Kota Tasikmalaya ini,"

kata salah seorang tokoh masyarakat Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya Yusuf Sobandi saat menghadiri silaturahmi kaum muda Indihiang, Selasa 18 April 2022.

Baca Juga: Viman Diusung untuk Pilkada 2024, Ade Mulyana: Saatnya Kota Tasikmalaya Dipimpin yang Muda

Dengan begitu, lanjut Yusuf, partai politik telah berperan dalam mendorong regenerasi kepemimpinan masa depan. Apalagi, proses regenerasi bergerak lamban.

"Ini yang menjadi masalah. Di legislatif mulai terlihat ada kaum muda tampil, tetapi untuk eksekutif minim sekali. Malah sepanjang sejarah Kota Tasikmalaya, belum muncul seorang pun wali kota atau wakil wali kota yang mewakili generasi muda," kata dia.

Yusuf mengatakan, hal itu terjadi bukan karena kurangnya stok pemimpin muda potensial, tetapi karena kurangnya kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada kaum muda untuk memimpin.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Diprediksi Membludak, Saat Liburan Idul Fitri

"Maka pada pilkada mendatang, figur muda harus didorong mengisi estafet kepemimpinan di kota ini. Karena kehadiran figur muda bisa menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk lebih melek politik dan tumbuh kepeduliannya untuk sama-sama membangun daerahnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X