• Kamis, 30 Juni 2022

Hasil Survei IPI Kepercayaan Publik Kinerja Jokowi Turun Drastis

- Kamis, 28 April 2022 | 07:33 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

TINTAPUTIH- Kepercayaan publik dengan kinerja Presiden Jokowi mengalami kontraksi cukup tajam turun drastis. Berbagai persoalan seperti penundaan pemilu, harga minyak goreng yang melonjak tinggi, BBM Pertamax naik dan yang lainnya. Mungkin bisa jadi pemicunya.

Hasil teranyar lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) erbaru dikeluarkan pada April 2022 menjelaskan mengenai bagaimana kepercayaan publik pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari hasil survei diketahui bahwa kepercayaan publik pada Jokowi merosot cukup tajam. Indikasi tersebut ditunjukan oleh data yang dikeluarkan oleh survei Indikator Politik Indonesia dirilis pada Selasa, 26 April 2022. Dari hasil survei terbaru banyak publik yang tak puas dengan kinerja Presiden Jokowi selama menjabat beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari situs resmi Indikator Politik pada Rabu, 28 April 2022, data survei ini diambil pada 14-19 April dengan responden sebanyak 1.200 orang yang diwawancara secara langsung.

Baca Juga: Ade Yasin Diciduk KPK, Begini Tanggapan PPP Garut

Angka kepuasaan responden terhadap kinerja presiden sebesar 59,9 persen dengan rincian 10,2 persen sangat puas dan 49,7 persen cukup puas. Tetapi, angka responden yang kurang puas juga mencapai 30,5 persen ditambah lagi adanya mereka yang tidak puas sama sekali sebanyak 8,1 persen.

Angka ini turun drastis jika dibandingkan pada Januari 2022 di mana survei kepuasaan terhadap Presiden Jokowi mencapai 75,3 persen dan pada Februari 2022 mencapai 71,4 persen.

Ternyata, angka kepuasaan ini tak hanya berdampak bagi sang Presiden saja, tetapi juga memberikan efek pada dukungan masyarakat pada partai PDI-P.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa elektabilitas PDI-P juga merosot karena kepercayaan masyarakat pada Jokowi yang menurun.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:40 WIB
X