• Minggu, 22 Mei 2022

PPP, PAN dan Golkar Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu, Begini Kata Pengamat

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:57 WIB
Partai Golkar, PPP, dan PAN membentuk Koalisi Indonesia Bersatu
Partai Golkar, PPP, dan PAN membentuk Koalisi Indonesia Bersatu

TINTAPUTIH- Koalisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golongan Karya (Golkar), dinilai sebagai persiapan secara dini jika mereka tidak masuk atau tidak diajak dalam koalisi besar. Mereka membuat perahu sendiri untuk persiapan pengusungan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Koalisi Indonesia Bersatu (PPP PAN dan Golkar) ini masih penjajakan awal. Sepertinya masih normatif saja. Memang mengarah ke Pilpres sebagai persiapan jika tidak diajak di rombongan koalisi partai besar, " kata Usep Syaiful Ahyar, Direktur Eksekutif Populi Center (Lembaga Survei dan Kajian Politik), Sabtu (14/5/2022) menanggapi lahirnya koalisi Indonesia Bersatu.

Sebagaimana diketahui, tiga ketua umum partai yaitu PPP, PAN dan Golkar membangun koalisi. Mereka ingin mengakhiri politik identitas yang menimbulka polarisasi di masyarakat seperti Pilpres lalu.

Baca Juga: Horoskop Capricorn Hari Ini - Minggu, 15 Mei 2022

Menurut Usep, saat ini koalisi besar sedang dijajaki oleh Gerindra dan PDI Perjuangan. Diluar itu ada PKB, Nasdem, Demokrat, PKS yang dimungkinkan juga membangun koalisi di Pilpres.

Pengamatan Usep, Golkar mulai menjajaki koalisi ada kemungkinan merasa tidak diajak dalam koalisi besar. Makanya cepat ambil langkah membangun koalisi Indonesia Bersatu.

"Cara ini bisa jadi juga untuk menaikan posisi tawar Golkar atau Airlangga Ketua Golkar," katanya.

Dia merasa terlalu dini kalau koalisi ini untuk menyiapkan perahu bagi Ganjar Pranowo ketika tak diusung oleh PDI Perjuangan. "Kayaknya belum sampai ke sana," kata Usep.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Ramadhan dan Pendididkan Demokrasi

Kamis, 21 April 2022 | 12:26 WIB
X