• Senin, 4 Juli 2022

Cara Mengatasi Vespa Mogok di Jalan

- Senin, 14 Juni 2021 | 18:08 WIB
IMG_20210614_175905
IMG_20210614_175905





Mengatasi vespa mogok di jalan memang gampang-gampang susah. Sebagai seorang pengendara vespa klasik alias skuteris, kita dituntut untuk tahu cara mengatasi vespa mogok di jalan.

Minimal bisa kita mengatasi kerusakan-kerusakan ringan yang terjadi pada vespa klasik kita saat mogok di jalan. Sebelum mengatasi kerusakan minimal harus mampu sedikit menganalisasi penyebab vespa mogok.

Selain itu sebagai skuteris, kita harus senantiasa membawa kunci-kunci atau peralatan untuk memperbaiki. Peralatan wajib yang harus selalu ada di bagasi vespa klasik kita setidaknya kunci busi, kunci 11, tang, kunci 12 dan lainnya.

Berikut ini adalah urutan atau tata cara mengatasi vespa klasik ketika tiba-tiba mogok di jalan.

Cari posisi aman


Ketika vespa mogok, hal yang harus pertama dilakukan adalah menepikan vespa dari jalan raya dan mencari tempat aman atau tempat teduh. Jika ingin berusaha mendapatkan bantuan dari sesama skuteris, cukup taruh tepong atau penutup mesin di pinggir jalan.

Sementara anda dan motor, menepi di tempat aman. Di kalangan skuteris, dengan membuka dan menempatkan tepong di pinggir jalan cukup menjadi kode "SOS" atau minta tolong.

-
Tolong menolong di jalan adalah budaya skuteris

Cek bensin


Sebagai kendaraan klasik, Vespa belum memiliki indikator ketersediaan bahan bakar. Sehingga kita sulit untuk mengetahui isi dalam tangki. Sehingga hal pertama yang harus diperiksa saat mengatasi vespa mogok adalah memastikan masih ada bensin di tangki bahan bakar.


Tak sedikit kasus, vespa kita dipinjam kawan. Bilangnya dekat padahal dipinjam jauh, sehingga bensin habis terpakai tanpa kita ketahui. Dikira masih ada, ternyata sudah habis.



Cek Tombol Pemutus Arus


Jika bensin dipastikan masih ada, pemeriksaan selanjutnya adalah sistem pengapian atau kelistrikan. Bagi vespa super, vespa sprint dan vespa keluaran tahun 60-an, pemeriksaan pengapian bisa diawali dengan memeriksa saklar pemutus arus atau tombol kecil untuk mematikan mesin.

Tak jarang terjadi korsleting di tombol itu sehingga arus listrik terputus. Untuk memastikannya, cabut dulu penutup saklar lalu coba selah atau engkol kembali vespa anda.

Jangan Dulu Buka Busi


Jika masalah belum teratasi, langkah selanjutnya adalah memeriksa pasokan listrik ke busi. Tapi jangan dulu membuka busi, karena mesin masih panas.

Jika kita memaksakan membuka busi ketika mesin masih panas, ada potensi terjadinya kerusakan di lubang busi. Drat busi di silinder head rawan dol atau slek. Sebaiknya tunggu sampai mesin agak dingin.

Analisa Gejala SebelumĀ  Tahu Cara Mengatasi Vespa Mogok


Sambil menunggu mesin dingin, tarik nafas dan nyalakan rokokmu, santuykan. Pahami apa yang terjadi sebelum vespa mogok.

Jika vespa mati tiba-tiba seperti kehabisan bensin, padahal bensin masih ada, besar kemungkinan mogok disebabkan oleh masalah di sistem pengapian. Mulai dari busi sampai spul.

Jika sebelum mogok, vespa tersendat-sendat besar kemungkinan penyebab mogok adalah masalah pasokan bahan bakar.

Mari Beraksi Mengatasi Vespa Mogok


Jika mesin sudah dingin, buka busi. Perhatikan ujung pembakaran busi. Jika berwarna putih, maka bisa diasumsikan pasokan bensin ke ruang bakar terlalu sedikit.

Jika warnanya coklat berarti pasokan cukup dan pembakaran sempurna. Jika warnanya hitam pekat, berarti pasokan bensin terlalu banyak atau daya listrik yang lemah.

Langkah selanjutnya adalah dekatkan ujung busi ke bodi vespa sambil diselah atau diengkol. Jika terjadi percikan api yang biru dan memercik ke satu titik dengan suara "prepet-prepet".

Berarti sistem pengapian bagus dan busi masih bagus. Besar kemungkinan masalah terjadi pada suplai bahan bakar atau karburator.

Tapi jika api busi terlihat lemah, maka harus dilakukan pemeriksaan lanjutan. Caranya buka kop atau penutup busi dari kabelnya.

Lalu ujung kabel didekatkan ke bodi sambil diengkol, jika diujung kabel terjadi percikan besar berarti bisa dipastikan yang rusak busi. Fix harus ganti busi atau minimal dibersihkan.

Tapi jika di kabel koil, api pun lemah. Maka kita lakukan pemeriksaan yang sama terhadap kabel yang masuk ke koil atau kabel yang berasal dari CDI atau platina. Jika kabel yang masuk ke koil lemah. Berarti CDI yang rusak dan itu mutlak harus diganti.

Sementara bagi vespa yang masih sistem pengapian platina, hal itu masih bisa diakali dengan menggetok kerapatan platina. Dicoba-coba saja direnggangkan atau dirapatkan stelan platinanya.

Tapi hati-hati penggetokan stelan platina harus dilakukan secara perlahan sampai didapat stelan pas dimana percikan listrik yang dihasilkan merupakan yang terbaik.

Demikian cara mengatasi vespa mogok. Kalau sudah bisa diatasi, gas tipis-tipis kita camping seru di pantai Madasari.*




Editor: A Team

Tags

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X