• Minggu, 28 November 2021

Nongkrong Santuy Wali Kota Tasikmalaya di Ciwulan Riverland

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:37 WIB
wali kota tasikmalaya ciwulan riverland
wali kota tasikmalaya ciwulan riverland

Tasikmalaya - Meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat secara non formal jadi cara bagi Walikota Tasikmalaya H. M. Yusuf untuk mengisi waktu senggangnya, Sabtu (16/10/2021).

Yusuf yang baru sebulan ditetapkan sebagai Wali Kota Tasik ini memilih menepi dan icip-icip karedok sembari kongkow di Ciwulan Riverland yang dikelola pegiat arus deras Irwan "Cimot" Soemantri dan kawan-kawan.

Suasana santai yang dibarengi deburan suara air sungai Ciwulan di kawasan Leuwi Bilik, Kelurahan Leuwiliang Kecamatan Kawalu tampaknya membuat Yusuf kerasan untuk berlama-lama di tempat itu.

Terlebih alunan musik akustik yang dibawakan Trio Deni Aom, Husni Adhari dan Mang Erick turut mengiringi kebersamaan Wali Kota dan sejumlah elemen masyarakat itu.

Kegiatan itu dia lakukan untuk membangun komunikasi dengan masyarakat tanpa protokoler sembari  menunggu peserta acara bertajuk "Papalidan dan Botram Balakecrakan bareng Kang Aroe dan Kang Yudi" di sungai yang kini jadi daya tarik wisata alam itu.

"Dengan kemasan santai seperti ini, masyarakat dari lintas organisasi dan lainnya bisa saling berbagi pengalaman, tukar ide dan lainnya kan. Tentu saya betah lah, " ujar Yusuf di sela kegiatan.

Sejumlah tokoh mulai Wakil Ketua DPRD H. Agus Wahyudin, Ketua Komisi I Dede Muharam, Ketua Fraksi Golkar Isep Rislia, anggota Komisi IV dari Dapil Kawalu-Mangkubumi Ridwan Nurfaozan, sejumlah pengusaha, hingga pegiat komunitas masyarakat seperti Ashmasyah "Acong" Timutiah, Tatang Toke, Wawan Ugar dan lain-lain tampak hadir.

"Kita jalin silaturahmi dengan teman-teman lintas organisasi,  lintas partai, lintas komunitas dan lainnya. Tetapi disini kita tak membicarakan politik. Disini kita bicara kawan secara non formal, termasuk bagian dari introspeksi perjalanan Kota Tasik yang sudah berusia dua dasawarsa," ujar Yusuf yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H. Ivan Dicksan.

Pada kesempatan itu, Yusuf mengapresiasi masyarakat,  komunitas pegiat olahraga arus deras,  Federasi Arung Jeram Indonesia dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan stakehokder lain yang terus berperan dalam menggeliatkan olah raga arus deras di Kota Tasikmalaya.

"Geliat seperti ini sangat positif, karena nama Tasikmalaya ikut beken hingga banyak wisatawan yang tertarik datang. Secara otomatis perekonomian masyarakat  juga ikut terdorong," ujar dia.

Sementara inisiator acara Asep Heru dan Yudi menyebut bahwa acara itu merupakan bagian dari cara mereka guna memberi ruang bagi masyarakat dalam memperkuat silaturahmi antara kepala daerah dengan setiap elemen masyarakat.

"Dengan suasana santai dan egaliter, pak Wali juga sangat respon menampung banyak gagasan dari komunitas, aktivis organisasi kemasyarakatan hingga pengusaha untuk kemajuan bersama," ujar Asep Heru dan Yudi.

Konsep komunikasi seperti itu diharapkan terus berlanjut dan bisa diikuti oleh elemen masyarakat lain serta jadi budaya di masyarakat Kota Tasikmalaya.

Jadi di momentum ulang tahun Kota Tasikmalaya ke 20 ini, dia mengajak semua stakeholder bisa membangun komunikasi yang baik dan dengan cara-cara yang lebih dewasa.

"Kadang kan aspirasi tidak sampai karena adanya sekat formalitas. Nah terkait itu, kang Yudi dan saya tergerak bikin acara non formal seperti ini dan Alhamdulillah pak Wali berkenan hadir hingga meluangkan waktu lebih dari empat jam," ujar dia.

Editor: A Team

Tags

Terkini

Pisang Buah Paling Memasyarakat dan Kaya Manfaat

Sabtu, 20 November 2021 | 11:49 WIB

H. Ijang Faisal Terpilih Jadi Ketua IPHI Jabar

Minggu, 7 November 2021 | 20:41 WIB

Pandemi Reda Braderjon Kembali Berlaga

Selasa, 2 November 2021 | 22:17 WIB

Genjot Percepatan Vaksinasi Anggota Dewan Turun Tangan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:01 WIB

Kiprah bank bjb Dukung Kemajuan Ekonomi Pangandaran

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:36 WIB
X