• Minggu, 28 November 2021

Manfaatkan Potensi Besar Jejaring Alumni Universitas Siliwangi

- Senin, 1 November 2021 | 16:34 WIB
alumni universitas siliwangi
alumni universitas siliwangi

Tasikmalaya - Jumlah alumni Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya yang mencapai 25.000 orang merupakan sebuah potensi besar untuk dimanfaatkan.

Salah satunya untuk pngembangkan jejaring usaha yang banyak ditekuni para alumni yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Relasi sesama alumni diyakini jadi penguat usaha yang tengah dirintis atau sudah jalan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Demikan hal itu mengemuka pada workshop penguatan alumni dan sosialisasi sistem informasi tracer study Universitas Siliwangi (Situs) yang digelar di ballroom Hotel Grand Metro, Sabtu lalu.

Kegiatan yang dibuka Rektor Unsil Prof. Rudi Priyadi itu diikuti sekitar seratus alumni dan mahasiswa. Acara turut menghadirkan dua alumni Fakultas Pertanian yang bergelut dalam pengembangan usaha dari bahan baku daun kelor yakni Ki Ageung Kelor Ai Dudi Krisnadi dan Sekretaris Dirjen Penyediaan Sanpras Kementrian Pertanian, Ir Gunawan MSi.

Pada sesi kedua, kegiatan diisi materi dari alumni program S2 Pendidikan dan kesehatan Lingkungan yakni Kuswan yang kini jadi konsultan program di Dinas Kesehatan Prov Jabar serta alumni Fakultas Ekonomi H. Uu Ruzhanul Ulum yang juga Wagub Jabar.

Keempatnya turut memotivasi para mahasiswa dan alumni untuk bisa maju dalam memanfaatkan setiap peluang baik di bidang usaha maupun karier.

Kang Dudi, sapaan akrabnya misalnya siap menampung produk serbuk jahe, pandan serta daun kelor yang jadi bahan utama produk yang sejak 2011 dia produksi.

Terlebih permintaan akan produk di bawah bendera PT Moringa Organik milik DUdi itu baik dari dalam dan luar negeri belum bisa terpenuhi.

Diketahui daun kelor kaya nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Permintaan daun kelor yang sudah diolah jadi lebih dari 150 produk itu banyak diminati konsumen dalam dan luar negeri.

Daun "mistis" yang diproduksi alumni Unsil kelahiran Pangandaran 52 tahun silam itu kini jadi membuatnya jadi pengusaha dengan penghasilan Rp 4 miliar per tahun.

Sementara Gunawan dalam workshop yang dipandu dosen Agribisnis Pascasarjana Unsil Dr. Dedi Djuliansah itu pun mengapresiasi itikad dari civitas akademika Unsil untuk melakukan pendataan alumni.

Kemudian niatan Kang Dudi untuk membuka kesempatan setiap alumni untuk turut membantu usaha dengan jejaring yang ada, kata Gunawan menjadi komitmen Dudi untuk tidak melupakan alumni dan almamaternya.

"Relasi seperti yang ditunjukan Kang Dudi harus diikuti oleh setiap alumni," ujar Gunawan.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. Zulfikar Noormansyah pun menyebut peran, kontribusi dan sebaran alumni adalah bagian penting dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi.

Apalagi keberhasilan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja merupakan salah satu tolak ukur penilaian akreditasi.

"Maka kami berterima kasih kepada rektor Unsil Prof. Rudi Priyadi dan seluruh civitas akademika Unsil yang telah mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan ini jadi langkah awal untuk seluruh alumni untuk bisa bersama sama memajukan kampus tercinta ini," ujar dia.

Dia pun bertekad terus melakukan pencarian alumni dan mewadahinya dalam sebuah relasi yang penuh kekeluargaan, penuh persatuan dan saling tolong menolong diantara sesama alumni dan masyarakat luas.

Editor: A Team

Tags

Terkini

Pisang Buah Paling Memasyarakat dan Kaya Manfaat

Sabtu, 20 November 2021 | 11:49 WIB

H. Ijang Faisal Terpilih Jadi Ketua IPHI Jabar

Minggu, 7 November 2021 | 20:41 WIB

Pandemi Reda Braderjon Kembali Berlaga

Selasa, 2 November 2021 | 22:17 WIB

Genjot Percepatan Vaksinasi Anggota Dewan Turun Tangan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:01 WIB

Kiprah bank bjb Dukung Kemajuan Ekonomi Pangandaran

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:36 WIB
X