• Minggu, 28 November 2021

Unper Tasikmalaya Kembali Lolos Program Detasering Tahun 2021

- Rabu, 10 November 2021 | 20:41 WIB
IMG_20211110_195259
IMG_20211110_195259

TasikmalayaUniversitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya pada tahun 2021 ini kembali lolos untuk mengikuti Program Datasering Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemdikbudristekdikti).

Dimana program detasering ini adalah program pembinaan untuk perguruan tinggi yang menjadi salah satu tugas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjendikti).

Melalui program detasering ini, Dirjendikti secara khusus memberikan pembinaan dalam bidang kualitas keterampilan sumber daya manusia (SDM) melalui skema non-studi lanjut serta aspek manajemerial perguruan tinggi (penguatan kapasitas institusi) kepada perguruan tinggi (PT) yang dianggap masih memerlukan pembinaan.

Menurut Rektor Unper, Prof. Dr. H. Yus Darusman,M.Si, pihaknya mengajukan usulan pendampingan program penelitian dan program tata kelola PT  serta lolos sebagai perguruan tinggi sasaran (Pertisas).

Program penelitian terdiri dari 4 kegiatan dan program tata kelola PT yang terdiri dari 3 kegiatan. Program yang berjalan selama 50 hari ini terbagi dalam 7 kegiatan yang diselenggarakan secara daring dan luring didampingi para detaser kompeten dari universitas terbaik di Indonesia.

“Kegiatan detasering ini ditujukan bagi dosen-dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di Universitas Perjuangan Tasikmalaya dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi SDM Unper. Masing-masing kegiatan diselenggarakan antara lima sampai dengan sepuluh hari,” kata Prof Yus, di kampusnya, belum lama ini.

Adapun untuk program penelitian lanjut Rektor, antara lain Bimtek Penyusunan Roadmap Penelitian dan Manajemen Kepustakaan didampingi oleh Wijanarka, S.T., M.T dari Universitas Palangkaraya, lalu Bimtek HKI dan Drafting Paten serta Bimtek Penulisan Karya Tulis Ilmiah didampingi oleh Erlia Narulita, Ph.D dari Universitas Negeri Jember, dan Bimtek Penyusunan Program Kreativitas Mahasiswa didampingi oleh Prof. Dr. Aris Badara, S.Pd., M.Hum dari Universitas Halu Oleo.

Sementara untuk Program Tata Kelola tambah Rektor, terdiri dari kegiatan Bimtek Penyiapan Akreditasi Program Studi, didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, M.S.,IPU., ASEAN Eng. dari Universitas Brawijaya, Pelatihan Penyusunan Sistem Akademik berbasis ICT didampingi oleh Dr. Firman Menne, SE., M. Si., Ak., CA dari Universitas Bosowa, serta Pengembangan Profesionalisme dan Kompetensi Tenaga Kependidikan didampingi oleh Prof. Dr. Surachman Surjaatmadja dari Indonesia Banking School.

“Dari seluruh kegiatan itu menghasilkan luaran roadmap penelitian, 16 draft HKI, 4 judul proposal Program Kreativitas Mahasiswa, 3 artikel hasil penelitian yang submit ke jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi, serta peningkatan kapasitas tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Perjuangan Tasikmalaya,” jelasnya.

Dataser Prof Djalal Rosyidi dari Universitas Brawijaya mengatakan Universitas Perjuangan Tasikmalaya masih memiliki kesempatan dan jangkauan yang masih panjang untuk mencapai re-akreditasi dan waktu yang panjang sehingga perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyusun dokumen akreditasi serta mengoptimalkan SDM-nya.

“SDM di Unper masih muda dan enerjik untuk membantu Unper agar bisa mencapai kemajuan yang lebih baik lagi,” ucapnya. *

Editor: A Team

Tags

Terkini

Pisang Buah Paling Memasyarakat dan Kaya Manfaat

Sabtu, 20 November 2021 | 11:49 WIB

H. Ijang Faisal Terpilih Jadi Ketua IPHI Jabar

Minggu, 7 November 2021 | 20:41 WIB

Pandemi Reda Braderjon Kembali Berlaga

Selasa, 2 November 2021 | 22:17 WIB

Genjot Percepatan Vaksinasi Anggota Dewan Turun Tangan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:01 WIB

Kiprah bank bjb Dukung Kemajuan Ekonomi Pangandaran

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:36 WIB
X