• Minggu, 28 November 2021

Pisang Buah Paling Memasyarakat dan Kaya Manfaat

- Sabtu, 20 November 2021 | 11:49 WIB
Tumpukan buah pisang. (pixabay/(TheDigitalArtist))
Tumpukan buah pisang. (pixabay/(TheDigitalArtist))

 

TINTAPUTIH - Pisang adalah jenis buah-buahan yang paling memasyarakat dan dikenal luas masyarakat Indonesia. Populasi tanaman pisang di Indonesia pun cukup banyak. Bahkan beberapa waktu lalu viral di TikTok aksi salam dari Binjai, yang mempertontonkan bagaimana seseorang memukuli pohon pisang sampai tumbang.

Pisang juga dikenal sebagai makanan yang kaya manfaat, terutama khasiatnya untuk kesehatan. Dirangkum tintaputih.net dari berbagai sumber, berikut beberapa khasiat pisang.

1. Bermanfaat Mengatasi Hipertensi

Pisang mengandung kalium. Zat ini dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Sumber Energi dan Vitamin A
Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar. Itulah sebabnya banyak atlet yang memilih pisang sebagai camilan saat berlaga.

3. Bermanfaat Mengatasi Sembelit
Susah buang air besar sering menjadi masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Pisang dapat dimanfaatkan untuk membantu proses metabolisme tubuh khususnya pencernaan.

4. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak
Pisang mengandung banyak zat potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjaga, sehingga risiko stroke bisa ditekan.

5. Menurunkan Berat Badan
Pisang juga baik bagi mereka yang sedang diet. Pisang tergolong rendah lemak dan karbohidrat kompleks yang dikandungnya tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Sumber: Berbagai Sumber

Terkini

Pisang Buah Paling Memasyarakat dan Kaya Manfaat

Sabtu, 20 November 2021 | 11:49 WIB

H. Ijang Faisal Terpilih Jadi Ketua IPHI Jabar

Minggu, 7 November 2021 | 20:41 WIB

Pandemi Reda Braderjon Kembali Berlaga

Selasa, 2 November 2021 | 22:17 WIB

Genjot Percepatan Vaksinasi Anggota Dewan Turun Tangan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:01 WIB

Kiprah bank bjb Dukung Kemajuan Ekonomi Pangandaran

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:36 WIB
X