• Minggu, 28 November 2021

Pemerintah Arab Saudi Melarang Jemaah Selfie di Masjidil Haram dan Mesjid Nabawi

- Rabu, 24 November 2021 | 20:40 WIB
Suasana Masjidil Haram (Suaramerdeka.com)
Suasana Masjidil Haram (Suaramerdeka.com)

TINTAPUTIH - Calon jemaah haji atu umroh kini harus berhati-hati. Mulai sekarang pemerintah Arab Saudi melarang siapapun selfie atau mengambil foto dan video di Masjidil Haram Mekkah dan Mesjid Nabawi Madinah. Jika ketahuan melanggar, pihak otoritas setempat tengah mempertimbangkan denda yang ketat atas pelanggaran tersebut.

Dilansir dari Saudi Expat, aturan itu telah resmi diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi. Ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan terbitnya larangan selfie, memotret atau mengambil video di dua mesjid suci umat Islam tersebut.

Menurut laporan resmi Pemerintah Arab Saudi, mengambil gambar di dalam Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah atau di sekitar tempat-tempat suci tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran.

Tidak ada seorang pun yang akan diizinkan untuk mengambil foto atau video di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Aparat keamanan akan memastikan bahwa tidak ada yang akan melanggar hukum lagi.

Baca Juga: H. Ijang Faisal Terpilih Jadi Ketua IPHI Jabar

Menurut rencana, larangan selfie, foto, dan video itu diberlakukan untuk memberikan pesan ke semua orang bahwa tempat suci di seluruh negeri perlu dijaga kehormatan dan martabat sesuai esensinya.

Pemerintah setempat menilai selama ini banyak jemaah lebih asyik selfie, membuat video, dan mengunggahnya di media sosial saat melakukan umrah, haji, dan ziarah di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi. Kondisi itu membuat proses ibadah di tempat suci kehilangan esensi.

Tak jarang aktivitas yang menjadi fenomena manusia di seantero dunia itu justru menganggu jemaah lain yang sedang fokus beribadah.

"Langkah ini diambil untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut. Sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video kemudian berdoa. Ini tidak hanya tidak menghormati tempat suci, tetapi juga mengganggu orang lain yang berdoa," terang Pemerintah Arab Saudi.***

Editor: Faizal Amiruddin

Sumber: thesaudiexpat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pisang Buah Paling Memasyarakat dan Kaya Manfaat

Sabtu, 20 November 2021 | 11:49 WIB

H. Ijang Faisal Terpilih Jadi Ketua IPHI Jabar

Minggu, 7 November 2021 | 20:41 WIB

Pandemi Reda Braderjon Kembali Berlaga

Selasa, 2 November 2021 | 22:17 WIB

Genjot Percepatan Vaksinasi Anggota Dewan Turun Tangan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:01 WIB

Kiprah bank bjb Dukung Kemajuan Ekonomi Pangandaran

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:36 WIB
X