• Senin, 4 Juli 2022

Pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya Menghangat, Muncul Beberapa Nama Bakal Calon

- Rabu, 1 Desember 2021 | 19:59 WIB
Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Universitas Siliwangi Tasikmalaya

TINTAPUTIH - Bursa calon rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya mulai menghangat. Hal itu berkaitan dengan semakin dekatnya akhir masa pengabdian rektor Unsil saat ini Prof. Rudi Priyadi, pada bulan April 2022 mendatang.

Senat Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang dipimpin Prof. Deden Mulyana kemudian memutuskan pembentukan panitia pemilihan, dimana berdasarkan kesepakatan bersama, guru besar Unsil yakni Prof. Yus Darusman mendapat amanah untuk melaksanakan kenduri politik kampus itu dengan demokratis.

Saat dihubungi Prof. Yus membenarkan, tahapan pelaksanaan pemilihan rektor Universitas Siliwangi Tasikmalaya sudah dimulai dengan membuka pendaftaran bakal calon rektor.

Yus pun menegaskan akan melaksanakan setiap tahapan dengan mengacu pada aturan yang telah ditetapkan hingga terpilih rektor yang tidak memicu kegaduhan di internal civitas akademika Universitas Siliwangi Tasikmalaya. "Ya kita berkomitmen untuk merealisasikan pemilihan rektor Unsil yang rapi, bersih, tanpa gejolak, sehingga terpilih rektor terbaik," ujar Prof. Yus.

Baca Juga: Karakter Presiden Jokowi Berdasarkan Weton

Dia pun memastikan panitia dan jajarannya akan mengawal pemilihan rektor Unsil Tasikmalaya dengan seadil-adilnya tanpa tergoda untuk mendukung ke salah satu kandidat.

Sebab, ujar dia, bila panitianya sudah tak independen, maka pelaksanaan kontestasi tidak fair dan rawan konflik. Imbasnya, pasca pemilihan reltor Unsil Tasikmalaya, kondusifitas kampus bisa terganggu.

Makanya, acuan berupa regulasi mulai seleksi administratif, verifikasi bakal calon hingga penetapan calon terpilih harus benar sesuai aturan.
Dikatakan Yus, dalam masa penerimaan pendaftaran yang berakhir 30 November 2021, sudah ada lebih dari sepuluh orang balon yang mengambil formulir.

Dari kandidat yang mengambil formulir pendaftaran, semua berasal dari internal Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Hanya ketertarikan peserta dari luar kampus juga dimungkinkan ada dan dipersilahkan turut berkontestasi dalam pemilihan rektor Unsil.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X