• Senin, 4 Juli 2022

Pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya, Kehadiran Calon Eksternal Memicu Dinamika

- Rabu, 8 Desember 2021 | 21:28 WIB
Prof Iis Marwan
Prof Iis Marwan

TINTAPUTIH - Agenda pemilihan rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya terus memunculkan dinamika di kampus negero satu-satunya di Priangan Timur ini.

Terlebih setelah guru besar Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Muradi memastikan diri untuk maju pemilihan rektor Unsil Tasikmalaya. Aksi saling dukung mulai terpetakan melalui manuver-manuver yang terjadi.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, Hilma Fanniar Rohman memandang bahwa di alam demokrasi, iklim seperti itu hal lumrah.

"Kompleksitas persoalan yang ada di internal Unsil kiranya membutuhkan sosok rektor baru yang memahami kampus  Bukan hanya dari segi akademis, tetapi lebih dari itu ada faktor historis, sosiologis, dan filosofis," ujar Hilma.

Baca Juga: Guru Besar Unpad Prof Muradi Ramaikan Bursa Pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya

Tanpa bermaksud mengesampingkan rekam jejak dan kapasitas Prof Muradi sebagai kandidat eksternal yang akan ikut berlaga di pemilihan rektor Unsil, kata Hilma akan sangat sulit bagi sosok eksternal untuk menuntaskan permasalahan yang ada.

Malah dia memandang, kehadiran rektor baru dari luar Unsil justru memiliki resistensi cukup besar.

Meski demikian dia mengakui Prof Muradi memiliki kans yang "patut diwaspadai", terutama berkaitan dengan hak suara sebesar 35 persen yang dimiliki oleh Kemendikbudristek. Dia mensinyalir Muradi "menggenggam" hak suara tersebut.

Disinggung soal 10 nama bakal calon dari internal Unsil yang tersedia, Hilma memandang bahwa semuanya memiliki dedikasi yang sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X