• Kamis, 18 Agustus 2022

Prof Muradi Sampaikan Optimistisme untuk Kemajuan Unsil

- Selasa, 14 Desember 2021 | 17:22 WIB
Guru besar ilmu politik dan keamanan Universitas Padjadjaran Bandung, Prof Muradi mengambil formulir pendaftaran untuk ikut dalam pemilihan rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. (ist.)
Guru besar ilmu politik dan keamanan Universitas Padjadjaran Bandung, Prof Muradi mengambil formulir pendaftaran untuk ikut dalam pemilihan rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. (ist.)

TINTAPUTIH - Guru besar ilmu politik dan keamanan Universitas Padjadjaran Bandung, Prof Muradi mengambil formulir pendaftaran untuk ikut dalam pemilihan rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Selasa 14 Desember 2021.

Dengan kedatangan Prof Muradi, total bakal calon rektor Unsil yang sudah mengambil formulir ada 9 orang. Tujuh orang dari internal Unsil dan dua orang dari eksternal.

Prof Muradi sendiri mengatakan walau pun berasal dari eksternal Unsil, tapi dirinya sudah melakukan observasi dan analisa terkait permasalahan yang dihadapi Unsil, serta solusi-solusi yang akan diambil. Ada optimisme yang disampaikan Prof Muradi terkait kemajuan Unsil ke depan.

Baca Juga: Pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya Penuh Kejutan, Para Calon Mulai Bermanuver

Salah satu langkah yang akan diambil oleh dirinya adalah menyelesaikan permasalahan-permasalahan antara Unsil yang kini berstatus negeri dengan yayasan yang sebelumnya menaungi.

"Memperbaiki masalah antara Unsil dengan Yayasan, diantaranya soal infrastruktur dan status karyawan. Termasuk memperbaiki masalah ketimpangan antara dosen ASN dan dosen non ASN," kata Muradi.

Selain itu dia juga memproyeksikan status Unsil menjadi badan layanan umum (BLU). Upaya ini bisa membuat Unsil lebih leluasa mengelola manajemen perguruan tinggi karena memiliki otonom. "Unsil bisa lebih lincah dengan status BLU," kata Muradi.

Dia juga menyoroti mengenai kesenjangan proses regenerasi tenaga pengajar di Unsil. Gap yang terlalu jauh bisa menyulitkan proses pengisian jabatan di lingkungan Unsil. Muradi mengatakan akan mendorong peningkatan jenjang karir dan kompetensi tenaga pengajar muda di Unsil.

Hal lain yang tak kalah penting menurut dia adalah, seandainya dia terpilih menjadi rektor dia akan berusaha memaksimalkan potensi SDM yang sudah ada di Unsil. Muradi tidak akan membawa "gerbong" dari luar. "Kita maksimalkan SDM yang ada. Beri mereka ruang untuk meningkatkan karirnya," kata Muradi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X