• Minggu, 3 Juli 2022

Hukum Bersentuhan dengan Anak Tiri Menurut Islam

- Rabu, 15 Desember 2021 | 10:08 WIB
ilustrasi ibu dan anak (pixabay/ebrahim)
ilustrasi ibu dan anak (pixabay/ebrahim)

TINTAPUTIH - Hukum bersentuhan dengan anak tiri diatur dalam hukum Islam. Ini menjadi bukti bahwa Islam adalah agama yang sangat detil mengatur kehidupan manusia. Islam menjaga nilai-nilai kemanusian supaya antara satu orang dengan yang lain tidak ada yang saling terzalimi, orang lain merasa diserobot haknya oleh sesamanya.

Lalu bagaimana hukum anak laki-laki bersentuhan dengan ibu tiri atau istri baru dari ayahnya?. Atau anak perempuan bersentuhan dengan ayah tiri atau suami baru dari ibunya?.

Dalam kitab Hâsyiyatân karangan Imam Syihabudin al-Qulyubi dan Umairah menyebutkan, anak tiri perempuan dapat membatalkan wudlu, apabila ibu anak tiri tersebut belum sampai disetubuhi oleh ayahnya yang baru.

Baca Juga: Pro Kontra Kenaikan Harga Rokok, Simak Argumen Kalangan Pendukungnya

Tapi apabila sudah dijima' oleh ayahnya yang baru, maka bersentuhan antara ayah dan anak tiri perempuan sudah tidak membatalkan wudlu.

Hubungan mereka sudah menjadi mahram selamanya (alâ at-ta'bid). Tapi karena sudah menjadi mahram, maka ayah tersebut tidak boleh menikahi anak tirinya walaupun ibunya sudah diceraikan atau wafat di kemudian hari.

Dalam keterangan kitab tersebut juga disebutkan, berbeda masalah jika dengan saudari perempuan dari istri ataupun bibi dari istri.

Walaupun istrinya sudah disetubuhi, kedua jenis saudari tersebut tetap membatalkan wudlu secara mutlak. Bedanya, jika anak tiri tidak boleh dinikahi selamanya, sedangkan kedua jenis saudari ini boleh dinikahi apabila istrinya diceraikan atau meninggal dunia.

Seperti Sayyidina Utsman ibn Affan yang menikahi putri Rasulullah bernama Ruqayyah, lalu ketika wafat, Utsman menikahi putri Rasul yang lain bernama Ummu Kultsum. Demikian penjelasan hukum bersentuhan dengan anak tiri menurut hukum Islam. ***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Sumber: islam.nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X