• Kamis, 18 Agustus 2022

Sukses Budidaya Daun Kelor, Pria Asal Pangandaran ini Jadi Miliader

- Senin, 20 Desember 2021 | 17:15 WIB
Ai Dudi Krisnadi pria asal Pangandaran sukses budidaya daun kelor.
Ai Dudi Krisnadi pria asal Pangandaran sukses budidaya daun kelor.

TINTAPUTIH - Seperti kata pepatah, dunia tak selebar daun kelor. Pepatah itu memberikan arahan bahwa kita jangan mudah putus asa. Jika berusaha dan kerja keras akan ditemukan jalan untuk memetik keberhasilan.

Seperti yang dialami Ai Dudi Krisnadi, pria asal Kabupaten Pangandaran yang sukses budidaya daun kelor. Kerja kerasnya mengantarkan dia menjadi miliader.

Awal bisnisnya, Ai Dudi berusaha meyakinkan ke banyak orang untuk bersama sama menanam kelor, agar daunnya bisa dimanfaatkan. Tapi banyak ditolak, baik di daerah Jabar, Jateng dan lainnya.

Tidak jarang dianggap aneh bahkan dianggap mau menerapkan ilmu hitam. "Jadi waktu itu susah untuk berkembang," kata Dudi biasa dipanggilnya ketika memberikan sambutan kerjasama antara perusahaan dia bergerak pengembangan daun kelor dengan Universitas Siliwangi, di Tasikmalaya , Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Pasang Foto Kim Jong-Un, Gamer Ini di Banned Selama 8.000 tahun

Tapi itu tadi, Dudi punya prinsip untuk tidak cepat putus asa. Dia kembangkan daun kelor di Nusa Tenggara Timur dan membuahkan hasil. Lalu di tempat tinggalnya di Blora, Jawa Tengah.

Dengan melibatkan ratusan warga, usaha Dudi sejak tahun 2011 terus berkembang. Dia memanfaatkan daun kelor untuk berbagai jenis makanan dan minuman sehat.

"Daun kelor itu super food, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pemenuhan nutrisi," kata Dudi.

Petani yang kerjasama dengannya, bisa menjual daun mentah atau daun kering. Kemudian diolah menjadi banyak jenis, dengan kualitas ekspor.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X