• Selasa, 9 Agustus 2022

Masyarakat Kawung Indonesia Tanam 2000 Pohon Aren, Si Kaya Manfaat tapi Semakin Langka

- Selasa, 21 Desember 2021 | 12:47 WIB
Warga di Kampung Kuta Ciamis tengah menyadap nira pohon aren. (faizal amiruddin)
Warga di Kampung Kuta Ciamis tengah menyadap nira pohon aren. (faizal amiruddin)

TINTAPUTIH - Masyarakat Kawung Indonesia (MKI) tengah melakukan penanaman kembali pohon aren di daerah Sukabumi, Garut, Tasikmalaya, Ciamis sampai Pangandaran. Sampai saat ini sudah tertanam dua ribu pohon aren alias kawung.

Langkah itu dilakukan, agar pohon aren tidak punah. Karena belakang ini, aktivitas penebangan pohon aren juga tinggi.Tanaman aren ini kata pengurus MKI Jo Santosa, memiliki fungsi ekologi dan ekonomi yang tinggi.

Pohon aren berfungsi sebagai penahan longsor, penyimpan air juga menjadi tempat hidup sejumlah hewan. Bahkan ketika hutan terbakar, pohon aren biasanya tahan, dan bisa tumbuh lagi.

Dari sisi ekonomi buah aren atau kolang kaling bergizi tinggi sehingga laris dijual. Selain itu niranya, bisa menjadi bahan baku gula aren. Gula aren ini memiliki ekonomis tinggi, bahkan untuk diekspor.

Baca Juga: Universitas Siliwangi Tasikmalaya Akan Menjadi Pusat Penelitian Daun Kelor

"Tahun 2019 kita sudah bisa ekspor gula aren. Memasuki tahun 2022, juga sedang disiapkan untuk ekspor gula aren," katanya. Gula aren juga banyak dikembangkan jadi gula semut, gula cair dan lainnya.

Pohon aren juga banyak manfaatnya termasuk injuknya bahan sapu, atap saung, dan lainnya. Pohon aren juga mengandung bahan tepung.

Harapan dia dengan penanaman kembali aren, diharapkan bisa beri manfaat luas untuk lingkungan maupun ekonominya.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X