• Sabtu, 21 Mei 2022

Pemilihan Rektor Unsil, Prof Ahman Sya Ingatkan Cita-cita Para Pendiri

- Kamis, 23 Desember 2021 | 11:50 WIB
Prof Ahman Sya beserta istri.
Prof Ahman Sya beserta istri.

TINTAPUTIH - Meski lebih dari sepuluh tahun meninggalkan Universitas Siliwangi (Unsil), Prof Ahman Sya tidak begitu saja melupakan kampus yang turut membesarkan namanya. Ia pun mengaku tetap intens berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dengan civitas akademika Unsil.

Ya, sejak terpilih jadi Rektor BSI dan Ars Internasional Bandung, karier alumni University of Ghent (1996) Belgia kelahiran Kawali Kabupaten Ciamis ini makin melejit hingga mendapat amanah jadi Direktur Jenderal Ekonomi kreatif seni dan budaya Kementrian pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Tak heran ketika Unsil ada acara, termasuk saat Pemilihan Rektor Unsil, ia pun turut meneropong kontestasi kepemimpinan yang tengah berlangsung. 

Maka sebagai bentuk rasa memiliki dan keingingan untuk melanjutkan cita-cita dan ide-ide para pendiri Unsil, ia pun memanfaatkan momen itu guna mengingatkan pentingnya pemahaman filosofi dan jati diri Siliwangi meski lebih dari tujuh tahun statusnya kini Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu.

Hal itu penting sebab tokoh-tokoh utama dalam proses pendirian Unsil mulai Letjen TNI (Purn) Mashudi, Hasan Basri, Wasita, Agus Permadi, Oman Roosman sudah meninggal. 

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Snouck Hurgronje Menikahi Gadis Priangan

Makanya ia merasa perlu mengingatkan kembali agar filosofi Siliwangi yang punya prinsip dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat bisa tetap dijaga, diamankan dan dijalankan oleh siapa pun pemenang pemilihan rektor Unsil ke depan.

Meski telah ditinggal para pembesarnya, dia masih optimis dan tak berkecil hati karena masih banyak orang dalam dalam Unsil yang bisa menangkap sekaligus melanjutkan cita cita para pendiri itu.

Toh, ujar dia visi misinya sama untuk negara dan tetap sesuai prinsip Siliwangi dari rakyat, oleh dan untuk rakyat.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X