• Sabtu, 21 Mei 2022

Reaktivasi Jalur KA Garut Menggugah Memori Masyarakat Terhadap Si Kuik dan Si Gombar

- Jumat, 7 Januari 2022 | 09:29 WIB
Suasana stasiun KA Garut saat kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Suasana stasiun KA Garut saat kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

TINTAPUTIH - Pemerintah telah melakukan reaktivasi kembali jalur kereta api (KA) Cibatu- Cikajang Kabupaten Garut. Pada Kamis 6 Desember 2022, Gubernur Jawa Barat melakukan peninjauan ke stasiun KA tersebut.

Bagi sebagian masyarakat Kabupaten Garut reaktivasi ini seolah menggugah kembali kenangan pada tahun 1980-an.

Dulu suara khas  Si Kuik dan Si Gombar dua lokomotif  bertenaga uap yang mengeluarkan suara khas saat sedang melaju membuat kerinduan warga Kecamatan Cibatu dan sekitarnya ingin segera menikmati kembali beroperasinya jalur Cibatu - Garut - Cikajang.

Tentunya saat ini reaktivasi jalur Cibatu - Cikajang tidak akan menggunakan lokomotif si Kuik atau Lokomotif DD 52 seri SS dan si Gombar atau Lokomotif uap jenis CC 5001 dan CC 5029.

Dulu kereta api jalur Cibatu-Garut-Cikajang yang ditarik si Kuik dan Si Gombar menjadi transportasi publik yang vital bagi masyarakat.

"Waas, dulu sering naik kereta si Kuik atau si Gombar meski harus berdesakan dengan para pedagang atau petani yang membawa hasil pertanian bahkan hewan ternak," ungkap Mak Icih (84) salah seorang warga Cibatu yang dulu sering  menggunakan kereta api itu jika hendak ke kota Garut.

Baca Juga: 4 Cara Hidup Bahagia yang Sederhana Menurut Gus Baha

Wajah stasiun Cibatu dan beberapa stasiun lainnya yang terlewati jalur Cibatu - Cikajang seperti stasiun Pasir Jengkol, Stasiun Wanaraja kini telah bersolek semakin cantik dan menawan hingga menggugah rasa penasaran siapapun untuk singgah dan datang.

Stasiun Cibatu dibangun pada tahun 1889, setelah dibangunnya stasiun Cicalengka - Cilacap oleh Statsspoorwegen (SS) jalur Cibatu-Cikajang dibuka pada tahun 1926.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X