• Minggu, 3 Juli 2022

Komunitas Buniseuri Ngahiji Ciamis Merawat Gotong Royong

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 09:01 WIB
Usep Sopyan dari Komunitas Buniseuri Ngahiji Ciamis
Usep Sopyan dari Komunitas Buniseuri Ngahiji Ciamis

TINTAPUTIH - Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis memiliki komunitas masyarakat yang berusaha merawat sikap gotong royong.

Komunitas 'Buniseuri Ngahiji' demikian nama kelompok masyarakat tersebut. Komunitas yang diinisiasi tokoh muda Buniseuri Usep Sopyan itu sudah banyak berkiprah di lingkungannya.

Kejadian ambruknya rumah lapuk milik Rukim (67) warga Dusun Kidul RT 09 RW 08 Desa Buniseuri akibat hujan deras serta kebakaran yang menimpa Wawan, warga RT 1 RW 10 Kampung Namas blok Kebon jati, Desa Buniseuri, tak luput dari perhatian komunitas ini.

Pada prinsipnya, komunitas yang dibentuk itu ingin memastikan bahwa seluruh warga Buniseuri memiliki sikap dan rasa saling memiliki, menghargai, saling tolong menolong di antara sesama warga.

Baca Juga: Meninjau Stadion Atletik Bupati Ciamis Adu Lari dengan Pejabat

"Artinya ketika ada yang senang kita ikut senang dan ketika ada yang dalam kesusahan, kita harus berada tak jauh atau hadir bersama mereka. Nah sense of belonging (rasa saling memiliki) inilah yang tengah coba kita perkuat demi mendorong kemajuan di Buniseuri," ujar Usep Sopyan usai menyerahkan donasi untuk ke dua korban tersebut pada Jumat 7 Januari 2022.

Bakti sosial yang diberi label Jumat Berkah itu, ujar Usep sudah jadi program rutin komunitas yang menghimpun masyarakat dari berbagai elemen.

Dengan kebersamaan dari masyarakat yang heterogen itu, pengusaha industri makanan olahan ini yakin setiap persoalan yang meyelimuti warga lebih mudah untuk didapat solusinya.

"Ketika persepsi setiap warga sama dalam membangun kebersamaan, maka banyak cara dan jalan untuk menyiasatinya. Dalam pengumpulan donasi ini misalnya, mungkin berat dilakukan sendiri. Tetapi dengan kebersamaan, akhirnya bisa sedikit membantu meringankan beban ke dua korban ini," kata pengusaha muda yang sudah mencicipi ceruk pasar luar negeri ini.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X