• Minggu, 22 Mei 2022

Cerita Masyarakat Garut Terkait Asal Usul Nama Stasiun KA Cibatu

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:04 WIB
Stasiun Cibatu Kabupaten Garut
Stasiun Cibatu Kabupaten Garut

TINTAPUTIH - Stasiun KA Cibatu Kabupaten Garut belakangan ramai dibicarakan. Menyusul telah selesainya reaktivasi jalur kereta api (KA) dari stasiun ini ke arah Garut Kota atau Cikajang.

Nama stasiun Cibatu tentu saja diambil dari nama wilayahnya yakni Kecamatan Cibatu.

Asal muasal nama Cibatu, menurut cerita sesepuh lokal adalah ketika orang-orang sedang menggali saluran irigasi, cangkul yang dipakai menggali tanah selalu terpentok batu.

Keberadaan bebatuan di wilayah itu membuatnya dikenal sebagai Cibatu.

Selain memiliki stasiun, Cibatu juga terkenal dengan sebuah pondok pesantren di Desa Keresek yang jaraknya hanya sekira 3 km dari arah stasiun Cibatu.

Baca Juga: Banjir di Cirebon Landa Empat Desa, Ratusan Rumah Terendam

Pada Tahun 1960-an pondok pesantren Keresek pernah dihebohkan dengan kehadiran sosok jin dari Mesir bernama Siti Qolbuniyah. Konon jin ini berniat balas dendam atas kematian suaminya.

Siti Qolbuniyah pernah marah membabi buta selama lima tahun sebelum akhirnya bertekuk lutut kepada pimpinan pondok pesantren saat itu yakni Mama Kyai Haji Busrol  Karim.

Terkait nama Keresek sendiri konon diambil dari kata atau bunyi "ngeresek". Suara itu muncul saat salah seorang panglima kerajaan Mataram datang ke lokasi tersebut menggunakan batang daun kelapa kering.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X