• Jumat, 2 Desember 2022

Gunung Cakrabuana Jadi Kampus Alam Didukung Banyak Pihak

- Senin, 10 Januari 2022 | 08:59 WIB
Seekor burung Elang Ular Bido (Spilornis cheela) di kawasan Gunung Cakrabuana yang berhasil diabadikan Diki, seorang peneliti Unsil.
Seekor burung Elang Ular Bido (Spilornis cheela) di kawasan Gunung Cakrabuana yang berhasil diabadikan Diki, seorang peneliti Unsil.

TINTAPUTIH - Kegiatan Mountain Jungle Course (MJC) 2021 yang digelar di kawasan Gunung Cakrabuana (1721 Mdpl) akhir tahun 2021 telah memuculkan gagasan untuk menjadikan kawasan itu sebagai kampus alam.

Hal itu dicetuskan Kepala Sekolah MJC 2021 Rudi Firdaus dan 48 peserta MJC se Indonesia. Usulan itu pun mendapat dukungan dari Manager Eiger Adventure Team Galih Donariko .

Mengetahui kawasan itu akan dijadikan Kampus alam, peneliti dari FKIP Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya maupun Perhutani KPH Tasikmalaya sumringah.

Diki Muhamad Chaidir, pegiat kepecintaalaman yang juga dosen Biologi itu karuan senang dengan adanya inisiatif itu karena selam ini belum ada satu kawasan pun di tanah air yang dijadikan kampus alam

Apalagi sejak beberapa tahun lalu, ia dan kawan-kawan intens melakukan observasi mengenai kekayaan alam yang tersimpan di gunung tersebut.

Dalam observasi awal, Diki yang juga pehobi fotografi menemukan beberapa spesies hewan endemik yang masuk dalam kategori dilindungi lantaran populasinya sudah sangat terbatas.

Di hutan basah yang terletak di Blok Cibunar, Desa Sukapada, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, kerap dijumpai salah satu jenis primata dilindungi yakni Lutung Jawa (Trachypithecus auratus).

Selain itu, di kawasan hutan itu juga sering terlihat beberapa jenis elang, seperti Elang Hitam dan Elang Ular Bido yang merupakan jenis dilindungi seperti diatur dalan P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.tentang Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Jenis hewan amfibi juga menjadi perhatian dia. Hanya sejauh ini, hewan amfibi yang baru ditemukan di antaranya Percil Jawa/Javan Chorus Frog (Microhyla acathina) dan Kongkang Kolam/ Schelegel’s Frog (Chalcorana chalconota).

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Antusiasme Warga Tasik Ikuti Senam Ridwan Kamil

Minggu, 27 November 2022 | 17:41 WIB

Yogi Muhammad Jadi Doktor Hukum Termuda di Unpad

Sabtu, 26 November 2022 | 07:26 WIB

Cara Hubungkan Rekening dengan E-Walet Pada Prakerja

Sabtu, 3 September 2022 | 05:50 WIB

Doa Terhindar Dari Mimpi Buruk Saat Tidur

Sabtu, 3 September 2022 | 05:45 WIB

Ramalan Zodiak Leo hari ini - Rabu, 31 Agustus 2022

Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:22 WIB

Jadwal Samsat Keliling di Kabupaten Pangandaran

Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:24 WIB

Terpopuler

X