• Minggu, 22 Mei 2022

IPHI Jabar Minta Semua Pihak Bersatu Wujudkan Mabrur Haji Sepanjang Hayat

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:53 WIB
H. Ijang Faisal Ketua IPHI Jabar
H. Ijang Faisal Ketua IPHI Jabar

TINTAPUTIH - Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Barat H Ijang Faisal mendorong semua pihak kembali bersatu memajukan IPHI pasca tidak adanya banding yang dilakukan Kemenkumham RI pada Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta tanggal 3 Januari 2022 lalu.

Pada putusan tersebut, PTUN menyatakan batalnya Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0000911.AH.01.08 Tahun 2021 tanggal 22 Juni 2021 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan IPHI yang diberikan kepada Ismed Hasan Putro.

Menurut Ijang, tenggang waktu hak pengajuan banding putusan PTUN tersebut, sudah melewati waktu kalender 14 hari, sehingga hak kemenkumham RI mengajukan banding secara formal sudah tertolak.

Ini penting disampaikan mengingat Kemenkumham RI adalah pihak tergugat utama atas sengketa ini, dan kememkumah RI tidak mengajukan banding maka artinya mereka menerima putusan PTUN tersebut sebagai koreksi internal atas ketidakcermatannya menerbitkan sebuah keputusan negara.

Baca Juga: Gunting Operasi Tertinggal di Perut Wanita Ini Menahan Sakit Selama 20 Tahun

Dengan demikian maka, putusan PTUN telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht van gewisjde) dan terhitung 14 hari setelah putusan dibacakan, maka IPHI yang syah di dalam hukum adalah di bawah pimpinan Ketua Umum H. Erman Suparno.

"Maka, setelah lewat tanggal 18 Januari atau 14 hari dari 3 Januari, keputusan sudah inkracht, IPHI yang legal adalah di bawah Ketua Umum H. Erman Suparno, termasuk juga ke bawahnya yang di provinsi pun sama," katanya.

Atas hal tersebut, Ijang mengajak semua pihak kembali bersatu padu serta melupakan segala kejadian di masa lalu.

Lebih penting sekarang adalah memajukan IPHI Jabar secara bersama-sama demi mewujudkan visi misi IPHI.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X