• Minggu, 22 Mei 2022

Tidak Setuju Dengan Sikap Arteria Dahlan Terkait Bahasa Sunda?, Yuk Ikut Petisi Ini

- Kamis, 20 Januari 2022 | 09:10 WIB
Baliha Arteria Dahlan Musuh Orang Tua viral. Foto/Instagram.
Baliha Arteria Dahlan Musuh Orang Tua viral. Foto/Instagram.

TINTAPUTIH - Petisi sebagai respons atas pernyataan anggota DPR RI Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung mengganti Kajati yang menggunakan Bahasa Sunda, muncul.

Petisi di situs change.org tersebut dibuat oleh akun Urang Sunda yang berkedudukan di Kota Bandung.

Jika anda setuju dengan petisi ini, bisa ikut menandatangani dengan cara klik DISINI

Dalam keterangannya, pembuat petisi memaparkan Pernyataan anggota DPR Komisi III Arteria Dahlan (Fraksi PDIP) yang meminta Jaksa Agung mengganti Kajati yang menggunakan Bahasa Sunda dalam rapat kerja, Senin 7 Januari 2022 sangat berlebihan dan melukai penutur bahasa daerah, terutama bahasa Sunda.

Beberapa pertimbangan atas pernyataan tersebut:

1. Menggunakan Bahasa Sunda dalam forum rapat oleh pejabat dianggap melanggar hukum. Padahal, sesuai aturan, seorang pejabat negara baru bisa diberhentikan seandainya melanggar hukum pidana.

Cara pandang Arteria Dahlan tentu berlebihan dan melukai penutur bahasa Sunda, bahkan penutur bahasa daerah, karena menganggap menggunakan bahasa Sunda (daerah) sebagai kejahatan.

2. Bahasa daerah diakui dalam konstitusi. Pasal 32 ayat (2) UUD 1945 berbunyi, “Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.”

Jadi siapa pun, baik pejabat eksekutif, legislatif, yudikatif dan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sudah selayaknya menghormati dan memelihara bahasa daerah.
Kajati yang bicara bahasa Sunda dalam rapat kerja tentu saja masih sejalan dengan konstitusi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X