• Minggu, 22 Mei 2022

Tiga Calon Rektor Unsil Punya Kans Sama untuk Mencetak Sejarah

- Selasa, 25 Januari 2022 | 21:45 WIB
Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat. *
Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat. *

TINTA PUTIH - Tiga calon rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Punya Kans Sama untuk mencetak sejarah. Proses pemilihan rektor Unsil tinggal menyisakan satu tahapan. Satu dari tiga nama yang sudah terpilih tinggal pemilihan tahap akhir, dimana pada fase ini ada suara Kemendikbud Ristek yakni sebesar 35 persen dan akan diperebutkan.

Dengan besarnya suara kemendikbud serta empat suara yang semula memilih Prof Muradi (peringkat empat) maka peluang tiga calon rektor boleh jadi sama besar.

Artinya tiga calon rektor yang terdiri dari Dr. Nundang Busaeri (10 suara), Dr. Gumilar Mulya (6) dan Prof Iis Marwan tinggal meyakinkan Kemendikbud Ristek serta memastikan modal suara awal pada sesi pemilihan di senat Unsil dipertahankan alias jangan sampai pindah ke lain hati.

Baca Juga: Pro Kontra Ibu Kota Negara, Ini Kata Dedi Mulyadi

Menarik pula melihat dua dari tiga calon rektor saat ini berasal dari home base yang sama yakni Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) yakni Prof. Iis Marwan dan Dr. Gumilar Mulya.

Fakta itu membuat kesempatan warga pituin FKIP untuk menahkodai Unsil lebih terbuka. Sebab selama ini, belum pernah ada rektor unsil yang berasal dari warga pituin FKIP Unsil.

Memang alm Prof. Numan Soemantri (rektor Unsil ke tiga) berasal dari FKIP. Tetapi rektor yang dikenal supel dan ramah itu berasal dari FKIP IKIP (kini UPI) Bandung. Adapun warga pituin FKIP Unsil yakni Prof. Iis Marwan hanya pernah didaulat menjadi Plh rektor Unsil.

Baca Juga: 29 Titik Pohon Tumbang Sebabkan Kemacetan di Kota Tasikmalaya

Artinya, bila, satu dari dua calon rektor dari FKIP itu terpilih, maka secara otomatis akan tercatat sebagi rektor Unsil pertama yang berasal dari pituin FKIP Unsil.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X