• Kamis, 18 Agustus 2022

Mengintip Cuan Tebal Petani Kentang di Pasirwangi Kabupaten Garut

- Jumat, 4 Februari 2022 | 20:56 WIB
Hamparan kebun kentang di Pasirwangi Kabupaten Garut.
Hamparan kebun kentang di Pasirwangi Kabupaten Garut.

 

TINTAPUTIH - Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut dikenal sebagai sentra tanaman sayuran seperti kentang, kol dan tomat.

Saat ini harga kentang di tingkat petani dianggap sedang jatuh hanya Rp 7 ribu per kilogram. Petani berharap pemerintah bisa membantu dongkrak harga kentang menjadi Rp 8 ribu per kilogram.

"Menanam kentang tidak akan rugi meski harganya jatuh, saat panen akan menghasilkan bibit baru sekira 3 kali lipat," terang H. Saepudin petani kentang asal Kampung Jenge Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, Jumat 4 Februari 2022.

Berbeda dengan menanam kol atau tomat, jika harga jatuh maka petani akan membiarkannya busuk.Tetapi kentang bisa dijadikan bibit untuk musim tanam berikutnya.

Dikatakan untuk satu hektare lahan membutuhkan bibit kentang antara 2,1 ton hingga 3 ton tergantung jenis bibit kentang yang akan ditanam.

Baca Juga: Derita Abah Sarip Penglihatan Terganggu Katarak, Bantu Yuk!

" Dalam satu hektare kebutuhan bibit berbeda tergantung jenis bibit yang akan ditanam jadi kebutuhan bibitnya tidak sama," ucapnya.

Dijelaskan petani kentang pada saat panen mampu menghasilkan 20 hingga 30 ton kentang per hektare nya.

"Harga kentang paling rendah bisa hanya Rp 5 ribu per kilogram dan harga tertinggi bisa mencapai Rp 8 ribu perkilogram, tetapi jika harga jatuh kentang masih bisa menjadi bibit lagi sekira 6 ton dari setiap satu hektare lahan," katanya.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X