• Selasa, 9 Agustus 2022

8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat, Nomor 3 Jangan Terlewat

- Sabtu, 16 April 2022 | 07:28 WIB
8 golongan yang berhak menerima zakat. (freepik.com/jcompt)
8 golongan yang berhak menerima zakat. (freepik.com/jcompt)

TINTAPUTIH - Zakat berasal dari kata zaka yang artinya, bersih suci, baik, dan berkembang. Zakat salah satu rukun Islam yang ke 4 wajib dikerjakan oleh seorang muslim.

Sedangkan Zakat fitrah hanya dilakukan setiap menjelang atau selesai melaksakan ibadah puasa. Zakat memiliki kandungan yang berarti harapan dalam memperoleh keberkahan dan membersihkan jiwa.
Sebagaimana dalam firman Allah SWT pada Alquran surat At-Taubah ayat 103 yang artinya:

“Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Curah di Garut Mulai Turun

Dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014, zakat ialah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan-golongan yang berhak menerimanya.

Dikutip dari buku Fiqh Islam Karya Sulaiman Rasyid, berikut delapan golongan orang yang menerima zakat di bulan suci Ramadhan.

1. Orang Fakir

Orang fakir adalah orang yang tidak mempunyai harta untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan kebutuhan orang yang ia tanggung.
Kebutuhannya tersebut berupa makanan, minuman, pakaian, atau tempat tinggal.

2. Orang Miskin

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X