• Kamis, 18 Agustus 2022

Pink Floyd Protes Invasi Rusi ke Ukraina, Lewat Single Terbaru Mereka

- Sabtu, 16 April 2022 | 21:55 WIB
Sampul dari single terbaru Pink Floyd, Hey Hey Rise Up
Sampul dari single terbaru Pink Floyd, Hey Hey Rise Up

TINTAPUTIH - Aksi invasi Rusia ke Ukraina dan kehancuran yang disebabkanya, membangkitkan rasa solidaritas para anggota band rock asal Inggris Pink Floyd.

Merekapun kembali ke dapur rekaman, untuk menggubah sebuah lagu yang berisikan harapan agar invasi tersebut segera berakhir. Ini untuk pertama kalinya Pink Floyd kembali ke dapur rekaman sejak 28 tahun lalu.

Rocker David Gilmour dan Nick Mason kembali ke studio rekaman, di mana bersama dengan kolaborator reguler lainnya seperti bassis Guy Pratt dan keyboardist Nitin Sawhney, mereka memproduksi lagu "Hey Hey Rise Up", yang mencakup suara penyanyi Ukraina Andriy Khlyvnyuk, dari band rock Boombox.

Baca Juga: Udara Terasa Panas, BMKG Sebut ada Kebocoran Atmosfer

Lagu tersebut telah dirilis dan mewakili kembalinya Pink Floyd ke tangga lagu, sejak album "The Division Bell", diproduksi pada tahun 1994 lalu."Kami, seperti banyak orang lain, telah merasakan kemarahan dan frustrasi atas tindakan invasi keji terhadap negara yang merdeka, damai dan demokratis, dan atas pembunuhan rakyatnya yang dilakukan oleh salah satu negara adidaya terbesar di dunia," kata Gilmour, yang putrinya -menantu dan cucu adalah orang Ukraina, tulis di jejaring sosial.

Aksi yang tak terlupakan Sebagai bagian dari produksi, sebagian suara Andriy Khlyvnyuk diambil dari klip di mana ia membawakan lagu protes di Sofiyskaya Square di Kiev, sebuah aksi yang setelah dibagikan di Instagram menarik perhatian anggota Pink Floyd.

Baca Juga: Buruan Daftar! Mudik Gratis Menjelang Lebaran Dari Kemenhub RI

Perlu dicatat bahwa video musik untuk "Hey Hey Rise Up" disutradarai oleh Mat Whitecross dan sampul singelnya adalah karya seniman Kuba Yosan León, yang terinspirasi oleh bunga nasional Ukraina, bunga matahari. Dilaporkan bahwa semua uang yang dikumpulkan oleh "Hey Hey Rise Up" akan disumbangkan ke LSM Bantuan Kemanusiaan Ukraina.

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Sumber: marca.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X