• Minggu, 22 Mei 2022

Domba Garut Bernilai Ratusan Juta Rupiah Terserang Wabah PMK

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:29 WIB
Domba Garut bernilai ratusan juta rupiah.
Domba Garut bernilai ratusan juta rupiah.

TINTAPUTIH- Domba Garut yang selama ini dikenal sebagai domba adu ketangkasan mulai dilaporkan terjangkit virus PMK alian penyakit mulut dan kuku.

Seperti yang terjadi di Sentra Peternakan Domba Garut di Desa Ciburial Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Penyakit tersebut menyerang bagian kaki hingga domba Garut mengalami lumpuh.

Selama ini Desa Ciburial Kecamatan Leles Kabupaten Garut terkenal sebagai sentra peternakan domba Garut khusus untuk Seni Ketangkasan.

Kepala Desa Ciburial Kecamatan Leles Kabupaten Garut, Dhani Wardan Septian menyebutkan sejak Sabtu 14 Mei 2022 sudah ada dua ekor domba yang dilaporkan terjangkit virus PMK.

"Tadi pagi ada peternak yang lapor bahwa dua ekor domba mengalami lumpuh dan penyakit tersebut menyerang domba jantan besar yang harganya cukup mahal mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 240 juta," jelas Dhani.

Baca Juga: Persib Ambil Lagi Pemain dari Tim Satelit Bandung United, Satrio Azhar Jadi Rekrutan Kedelapan Musim Ini

Disebutkan dia, untuk mengantisipasi penyebaran virus pihaknya mengintruksikan agar peternak membersihkan kandang dan menyemprotkan cairan disinfektan ke kandang.

"Langkah antisipasi agar virus tidak menyebar dengan cara membersihkan kandang dan menyemprotkan cairan disinfektan serta memberi ramuan jamu berupa kunyit, gula merah, air kelapa, telur hingga madu," kata dia.

Dhani juga menyebutkan selama beternak domba Garut baru pertama kali ada kasus penyakit yang menyerang kaki domba hingga lumpuh.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Taurus Hari Ini - Selasa, 17 Mei 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 23:08 WIB
X