• Kamis, 18 Agustus 2022

Kopi Dewek Lahir dari Penjelajahan Cafe ke Cafe

- Rabu, 25 Mei 2022 | 10:49 WIB
Deden Suyud pemilik Kopi Dewek
Deden Suyud pemilik Kopi Dewek

TINTAPUTIH - Berawal dari menikmati kopi dari cafe ke cafe muncul peluang usaha menjanjikan hingga bisa membuka lapangan kerja. Kecintaan yang bermanfaat bagi orang lain karena dapat memberdayakan petani kopi dan warga sekitar.

Itulah yang dilakukan Deden Suyud, pria yang sehari-hari bekerja sebagai staf kemahasiswaan STIKES Kabupaten Garut mampu merubah kecintaan terhadap kopi menjadi sebuah usaha yang bermanfaat bagi warga sekitar.

"Awalnya saya penikmat kopi dari cafe ke cafe, saat buka cafe di STIKES Garut masih membeli kopi dari orang lain, saat itu ada orang tua mahasiswa yang bekerja sebagai petani kopi, kopinya dijual kepada saya uangnya dibayarkan buat anaknya kuliah hingga lulus menjadi sarjana," ungkap Deden Suyud saat berbincang di Cafe Dewek miliknya di komplek STIKES Garut, Selasa 24 Mei 2022.

Baca Juga: Akhirnya Persib Bandung Diizinkan Berkandang di Stadion GBLA, Robert Senang Bisa Merasakan Atmosfer GBLA Lagi

Berniat membantu orang tua mahasiswa yang ingin anaknya lulus kuliah pun membuahkan hasil.

Berkat ketekunan dan keseriusannya Deden Suyud akhirnya bisa mengolah kopi sendiri dengan mengusung brand Kopi Dewek.

Ada berbagai varian rasa kopi di cafe Dewek yang diolah dari jenis kopi Arabian biji merah dan Arabian biji kuning serta Robusta.

"Alhamdulillah saat ini bukan hanya memasarkan kopi di cafe maupun secara online, tapi sudah menanam dan mengolahnya dengan melibatkan petani kopi dan warga sekitar ," ujar Ketua Bidang Koperasi dan UKM di BumDes Sirnajaya Kabupaten Garut itu.

Baca Juga: Mesut Ozil 'Gercep' Datang ke Indonesia, Marc Klok Ikut Berkomentar, Diminta Bobotoh Agar Ajak Gabung Persib

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X