• Kamis, 30 Juni 2022

Cara Merawat Gigi Palsu Tetap Terawat dan Sehat Digunakan

- Rabu, 8 Juni 2022 | 19:35 WIB
Ilustrasi 7 Tips Perawatan Gigi di Rumah, Mudah dan Dapat Dilakukan Setiap Hari. (PIXABAY/Giuliamar)
Ilustrasi 7 Tips Perawatan Gigi di Rumah, Mudah dan Dapat Dilakukan Setiap Hari. (PIXABAY/Giuliamar)
 
TINTAPUTIH - Beginilah cara merawat gigi palsu agar terawat dengan baik dan benar sehingga sehat untuk digunakan.
 
Meskipun gigi palsu, tetapi cara merawatnya harus seperti merawat gigi asli seperti biasanya agar sehat.
 
Sebagaimana dilansir dari ANTARA, Dokter gigi spesialis prostodonsia drg. Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros mengatakan banyak masyarakat beranggapan gigi palsu tidak perlu melakukan perawatan, seperti menyikat gigi dua kali sehari.
 
“Tetap kita menjaga kebersihannya seperti gigi asli. Banyak juga masyarakat yang beranggapan, karena gigi palsu dia pikir ‘Dok, saya nggak perlu sikat lagi karena gigi palsu’. Itu kan salah karena tentu akan menimbulkan masalah juga kalau tidak dibersihkan,” katanya.
 
Dirinya menjelaskan, untuk jenis gigi palsu lepasan, gigi tiruan tersebut wajib dilepas pada malam hari agar bisa dibersihakan. Selain dibersihkan, gigi palsu lepasan harus direndam supaya tidak ada sisa-sia makanan yang terjebak.
Apabila gigi palsu lepasan kotor, maka dapat menimbulkan penyakit gusi ataupun gigi berlubang pada gigi asli yang masih ada.
 
Menurutnya, untuk membersihkan sela-sela gigi, sebaiknya menggunakan benang gigi. Perawatan tersebut membantu untuk menjaga kebersihan gigi yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat.
 
 
“Benang gigi ini ada caranya. Tapi yang pasti itu harus dimasukkan. Pada saat dimasukkan, itu biasanya harus dilakukan gerakan mencungkil, bentuk seperti 'letter U', terus ditarik ke atas supaya makanan yang nyangkut bisa terangkat,” ujarnya.
 
Dirinya mengatakan, pasien yang menggunakan gigi palsu juga harus tetap melakukan kontrol rutin atau dental check up minimal enam bulan sekali.
Tujuanya, lanjut Andy, dokter dapat mengecek kembali kondisi gigi palsu, apakah masih bagus atau sudah longgar, atau sudah tamoak sisa makakanan yanh sering menempel pada daerah tertentu.
 
Penggantian gigi palsu akan dianjurkan dokter apabila pasien menjalankan kebiasaan yang buruk pada kondisi gigi dan mulutnya.
 
“Misalkan sering jatuh atau kadang dipakai dan kadang enggak dipakai (gigi palsunya), itu nantinya akan mempengaruhi terhadap akurasinya (pas atau tidaknya gigi lepasan saat dipasang). Kemudian kalau sudah kotor gigi palsunya biasanya sudah mulai berjamur ya itu sudah harus dibuatkan yang baru,” katanya.***
 

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X