• Jumat, 1 Juli 2022

Lezat Gurih Ikan Nila Situ Bagendit, Jangan Dipesan Bisa Bahaya !

- Selasa, 21 Juni 2022 | 23:35 WIB
Pencari ikan di Situ Bagendit Kabupaten Garut
Pencari ikan di Situ Bagendit Kabupaten Garut

TINTAPUTIH - Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut telah memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Sejak dulu Situ Bagendit telah memberi sumber makanan bahkan mata pencaharian bagi sebagian masyarakatnya. Hasil menjaring ikan terbukti mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena meski tidak ditanam, ikan di kawasan Situ Bagendit selalu melimpah.

Setiap hari puluhan orang menjaring ikan menggunakan rakit bambu hingga ke tengah danau. Jika sedang mujur, setiap penjaring ikan bisa mendapatkan hasil hingga 10 kilogram ikan nila setiap harinya.

Seorang penjaring ikan asal Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Elan mengaku sudah puluhan tahun menekuni mata pencaharian dengan menjaring ikan di Situ Bagendit.

Baca Juga: Ketua DPRD : EO Lokal Perlu Diberdayakan

"Saya sudah puluhan tahun menjaring ikan sejak kecil sudah diajarkan menjaring ikan oleh orang tua saya dan Alhamdulillah bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ungkapnya, Selasa 21 Juni 2022.

Ikan khas Situ Bagendit yakni ikan nila, terkenal karena memiliki rasa yang gurih dan renyah.Tidak heran, ikan nila Situ Bagendit banyak diburu oleh pecinta kuliner.
Ikan lain yakni ikan gabus dan ikan bawal namun rasanya tidak bisa mengalahkan kelezatan ikan Nila. "Yang sudah merasakan ikan Nila Situ Bagendit sudah tahu ikan ini rasanya sangat gurih dan renyah sehingga bikin ketagihan," kata dia.

Setiap penjaring ikan biasa menjual ikan hasilnya ke bandar atau ke perorangan. "Kalau dijual ke bandar harganya Rp 30 ribu per kilogram, kalau dijual ke perorangan harganya Rp 45 ribu per kilogram," terangnya.

Baca Juga: UMKM dan Koperasi Perlu Ditunjang Kualitas SDM

Mencari ikan di Situ Bagendit bisa dilakukan siapa saja tidak hanya bagi warga di kawasan Situ Bagendit, warga dari luar Kecamatan Banyuresmi pun bebas mencari ikan dengan cara memancing atau menyewa rakit yang berjejer sepanjang Situ Bagendit.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horoskop Pisces hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 20:17 WIB

Horoskop Scorpio hari ini - Senin, 27 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
X