• Senin, 8 Agustus 2022

Membongkar Gunung Es Pernikahan Dini yang Putus Sekolah dan Banyaknya Nikah Siri di Pangandaran

- Kamis, 30 Juni 2022 | 20:16 WIB
Ilustrasi menikah (pixabay)
Ilustrasi menikah (pixabay)

TINTAPUTIH - Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran mencatat 227 pasangan yang menikah dibawah 19 tahun di Pangandaran tahun 2022 memilih untuk putus sekolah.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pangandaran Ujang Sutaryat mengatakan, pernikahan yang diperbolehkan Kantor Urusan Agama (KUA) menurut UU No 16 Tahun 2019 sebagai pengganti UU No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan hanya memperbolehkan pasangan menikah saat sudah berumur 19 tahun baik itu untuk perempuan ataupun laki-laki.

"Dari ratusan pasangan yang menikah dibawah umur 19 tahun udah gak sekolah. Bahkan terpaksa putus sekolah karena hamil duluan," ucap Ujang.

Baca Juga: Cara Daftar dan Biaya Akad Nikah di KUA Pangandaran

Sementara saat ini KUA hanya melayani pasangan yang akan menikah pabila ada dispensasi dari Pengadilan Agama. Namun dari banyaknya permintaan nikah dibawah umur jumlah tersebut tidak semua dispensasi tidak diterima.

"Akibatnya banyak pasangan di Pangandaran yang melangsungkan nikah siri atau menikah secara agama. Meskipun sah secara agama, tapi nama pasangan tersebut tidak terdaftar di KUA. Di Pencatatan Sipil pun namanya akan terpisah sesuai KK masing-masing," kata Ujang.

Karena menurut Ujang, seorang wanita hamil bisa dinikahkan kalo dinikahkan oleh pria yang menghamilinya. "Namun dalam keterangan catatan sipil akan tertulis hanya lahir dari seorang ibu saja apabila hamil diluar nikah," ucapnya.

Baca Juga: Gibran : Konser Dream Theater Bantu Percepatan Ekonomi

Kemudian apabila melahirkan anak perempuan, si anak perempuan jika sudah gede dan akan melangsungkan pernikahan, orang tua atau ayah yang menghamili tidak bisa menjadi wali nikah. 

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X