• Senin, 8 Agustus 2022

Mengenal Abon Ikan Jambal Roti Produk Unggulan UMKM Pangandaran

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:48 WIB
Abon ikan Jambal Roti (Tintaputih)
Abon ikan Jambal Roti (Tintaputih)

TINTAPUTIH - Abon ikan Jambal Roti Pangandaran ramaikan bazzar UMKM Cijulang Fest di Desa/Kecmatan Cijulang, Pangandaran.

Olahan abon ikan Jambal Roti merupakan produk UMKM unggulan Kabupaten Pangandaran. Selain rasanya yang enak, harganya pun sangat terjangkau.

Pelaku UMKM Ikan Abon Jambal Roti Encum (48) mengatakan, ikan abon Jambal merupakan upaya terobosan mengemas olahan ikan Kadukang.

Baca Juga: Kasus ODGJ di Kabupaten Pangandaran Terus Meningkat, Ternyata Ini Alasannya

"Abon ini bisa menjadi alternatif olahan siap saji bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak," katanya.

Menurut Encum proses pembuatan abon Jambal Roti tidak memerlukan waktu yang lama. Dan bahan-bahannya dibuat dari rempah-rempah alami.

"Pertama dari ikan Kadukang segar dipotong-potong terlebih dahulu dipisahkan dicuci bersih antara kepala dan isi ususnya. Setelah itu dikukus selama satu jam, untuk memisahkan daging dari kulit dan cucuknya. Jadi dibawanya hanya daging aja untuk dijadikan abon," kata Encum.

Baca Juga: Produk Kosmetik Ilegal Beredar di Priangan Timur, Begini Cara Memeriksanya

Untuk abon ikan berasal dari ikan Kadukang bahan asli Jambal Roti super. "Untuk menjadi abon ikan Kadukang dipisah dengan kulit dan durinya. Cuman daging ikan saja ditumbuk dibagi-bagi dicampurkan dengan rempah-rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, laja, jahe, gula putih, sama minyak goreng," ucapnya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X