• Senin, 8 Agustus 2022

Kelapa Melimpah Warga Mekarmukti Kabupaten Garut Gali Potensi VCO

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:06 WIB
Peserta pelatihan pembuatan minyak VCO di Kabupaten Garut.
Peserta pelatihan pembuatan minyak VCO di Kabupaten Garut.

TINTAPUTIH - Patriot Desa Mekarmukti Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut berkolaborasi dengan Radhia Tani, anggota PKK yang menjadi praktisi pembuat minyak VCO dan Founder NiagaDesa menyelenggarakan pelatihan pembuatan pangan fungsional berupa VCO dan digital marketing di aula Desa Mekarmukti Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut.

VCO alias virgin coconut oil adalah minyak kelapa yang diekstraksi dan bermanfaat bagi kesehatan. VCO dibuat dengan kopra, atau daging kelapa kering yang dikeluarkan dari cangkang dan ditekan untuk mengekstrak minyak alami.

Menurut Patriot Desa Mekarmukti Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut, Yogi Prayogi, Desa Mekarmukti memiliki hasil pertanian yang melimpah salah satunya buah kelapa sehingga perlu diadakan pelatihan agar dapat meningkatkan produksi dan memasarkannya melalui digital marketing.

"Tujuan pelatihan ini adalah memberi edukasi kepada pengurus PKK terkait cara meningkatkan nilai tambah produk kelapa yang cukup melimpah di desa Mekarmukti Garut serta cara memasarkannya melalui platform digital," ungkap dia, Kamis 4 Agustus 2022.

"Materi pembuatan VCO disampaikan oleh Ibu Ros yang merupakan praktisi pembuat VCO dari desa Mekarmukti Garut dan materi digital marketing disampaikan oleh Ujang Supiandi yang merupakan founder NiagaDesa dan pesertanya adalah ibu- ibu penggerak PKK Desa Mekarmukti," imbuhnya.

Dia mengatakan kegiatan pelatihan seperti ini akan terus diselenggarakan agar warga desa memiliki pengetahuan dalam memanfaatkan potensi lokal yang ada, sehingga sumber ekonomi masyarakat bisa bertambah.

"Alhamdulilah kegiatan ini didukung Radhia Tani sebagai program pemberdayaan masyarakat dari PT Crowde Membangun Bangsa yang diwakili oleh Rifki Edyana Azis sebagai Community Development Trainer wilayah Jawa Barat yang berkomitmen untuk mendukung masyarakat agar dapat lebih mandiri melalui berbagai kegiatan pelatihan sesuai kebutuhan di desa," jelas Yogi.

Staf Senior Pemberdayaan masyarakat Desa (SSPMD) Yudi Kurnia merespon positif kegiatan tersebut. Menurut Yudi Kurnia, Patriot Desa mendampingi para penggerak lokal yang ada di desa untuk mengembangkan inisiatif mandiri yang dibuat oleh penggerak lokal perlu serta adanya pentahelik atau kolaborasi dengan pihak lain, salah satunya dengan Radhia Tani.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pihak Radhia Tani yang telah ikut berperan aktif untuk pembangunan manusia dan pemberdayaan masyarakat melalui program Patriot Desa DPMD Provinsi Jawa Barat," kata Yudi Kurnia, Jum'at 5 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Keangkeran Jalan Emplak Pangandaran

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:01 WIB
X