• Rabu, 30 November 2022

Unsil Gelar Pelatihan Penyusunan Modul Ajar, Puluhan Guru Antusias

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:21 WIB
Tim pengabdian masyarakat Unsil menggelar pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar berbasis model POE2WE bagi guru sekolah penggerak. (istimewa)
Tim pengabdian masyarakat Unsil menggelar pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar berbasis model POE2WE bagi guru sekolah penggerak. (istimewa)


TINTAPUTIH - Sebagai tenaga profesional, guru di berbagai tingkat satuan pendidikan dihadapkan pada tantangan menyusun modul ajar yang tepat.

Kepiawaian dan kecermatan dalam menyusun modul ajar ini menjadi strategis karena standar kompetensi lulusan sudah ditetapkan oleh pemerintah. Artinya modul ajar sangat vital untuk mencapai standar kompetensi lulusan.

Atas dasar hal itu kalangan akademis dari Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas Siliwangi skema kemasyarakatan (PbM-KM).

Tim yang digawangi oleh Vepi Apiati, M.Pd (ketua), Siska Ryane Muslim, M.Pd, Dr. Nana, M.Pd dan Dr. Iis Lisnawati, M.Pd itu menggelar pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar berbasis model POE2WE bagi guru sekolah penggerak.

"Ini sebagai upaya atau pengabdian kami dalam rangka meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam menyusun modul ajar," kata Vepi didampingi Siska, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan ini dihelat di kampus SMA Muhammadiyah Rawa Jalan Mangunharja No. 23 Linggawangi Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. "Ada 3 sesi kegiatan yakni tanggal 15, 17 dan 20 Oktober 2022," kata Vepi.

Kegiatan ini diikuti oleh guru dari 6 sekolah penggerak, yakni SMA Quranic Science Boarding School Kab. Tasikmalaya, SMAN 1 Karangnunggal Kab. Tasikmalaya, SMAS Muhammadiyah Rawa Kab. Tasikmalaya, SMAS Plus Al Wahid Salawu Kab. Tasikmalaya, SMAS Terpadu Al Mukhtar Kab. Tasikmalaya dan SMAS Terpadu Darussalam Kab. Tasikmalaya.

Tim berfoto bersama usai kegiatan.

"Perwakilan guru yang hadir dari masing-masing sekolah adalah Wakil Kepsek Bidang Kurikulum, guru fisika, matematika dan bahasa Indonesia," kata Vepi.

Dia menjelaskan secara umum, penyusunan modul ajar berbasis POE2WE ini merupakan kependekan dari prediction, observation, explanation, elaboration, write, dan evaluation.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Antusiasme Warga Tasik Ikuti Senam Ridwan Kamil

Minggu, 27 November 2022 | 17:41 WIB

Yogi Muhammad Jadi Doktor Hukum Termuda di Unpad

Sabtu, 26 November 2022 | 07:26 WIB

Cara Hubungkan Rekening dengan E-Walet Pada Prakerja

Sabtu, 3 September 2022 | 05:50 WIB

Doa Terhindar Dari Mimpi Buruk Saat Tidur

Sabtu, 3 September 2022 | 05:45 WIB

Ramalan Zodiak Leo hari ini - Rabu, 31 Agustus 2022

Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:22 WIB

Jadwal Samsat Keliling di Kabupaten Pangandaran

Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:24 WIB

Terpopuler

X