• Minggu, 28 November 2021

Yuk Kenali Tanda Kedewasaan Dalam Diri Kita

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:40 WIB
kedewasaan
kedewasaan

Menjadi sosok yang dewasa dengan pikiran terbuka dan prilaku yang bijaksana, adalah harapan semua orang. Bahkan tak sedikit orang yang merasa atau mendeklarasikan dirinya sudah dewasa. Tapi kedewasaan tak tercermin sama sekali di kehidupannnya.

Adalah benar jika kedewasaan bersifat relatif. Kedewasaan juga tidak berbanding lurus dengan usia seseorang. Karena kedewasaan itu adalah tingkatan seseorang yang telah memiliki kematangan dalam berpikir, bertindak, berkata dan mengambil keputusan dengan bijaksana.

Namun meski bersifat relatif, kedewasaan seseorang dalam menjalani kehidupan bisa ditandai dengan beberapa ciri-ciri umum. Berikut adalah tanda-tanda seseorang telah dewasa.

1. Biarkan Orang Lain Salah


Seseorang yang telah dewasa adalah mampu menghindari perdebatan atau adu argumen yang minim esensi, atau menghindari debat kusir. Seorang yang dewasa, tahu kapan dia harus berhenti beradu argumen. Padahal seisi dunia tahu bahwa argumen dia adalah kebenaran. Tapi dengan ringan dan legowo, si dewasa membiarkan orang lain salah.

2. Cerdas Mengatur Keuangan


Uang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan modern. Kemampuan melakukan pengelolaan keuangan yang tepat menjadi sesuatu yang krusial. Seorang yang dewasa mengerti betul betapa pentingnya dana darurat, tabungan dan investasi. Tiga pos keuangan itu ditempatkan dalam skala prioritas pemanfaatan penghasilannya.

3. Tak Gemar Bergunjing


Gemar ghibah atau bergunjing dapat dikatakan sifat dasar manusia. Tapi sering kita dengar titah agama melarang kita untuk melakukan perbuatan yang diibaratkan memakan bangkai sesama manusia itu. Nah, seorang dewasa akan lebih senang membahas gagasan dan melakukan actionnya, ketimbang menghabiskan waktu untuk bergunjing.

4. Mulai Penasaran Memahami Hal Kecil


Seorang dewasa tak hanya tertarik pada hal-hal besar. Namun secara perlahan dia pun mulai dan ingin mengerti hal-hal kecil. Misalnya dia mulai paham mengapa istrinya selalu marah jika dia menaruh handuk di kasur sehabis mandi.

5. Merasakan Hidup Kadang Tak Adil


Seorang dewasa tahu betul bahwa hidup ada kalanya terasa tidak adil. Sehingga dia memiliki kemampuan untuk merelakan ketika hal buruk terjadi padanya. Kematangan berpikir selalu membuat dia pintar memetik hikmah dari sebuah musibah. Tak pernah dia terjebak dalam perasaan insecure.

6. Mampu Menyederhanakan Situasi


Seorag dewasa tidak membuat ribet situasi atau perasaan yang tengah dialaminya. Kangen ya diomongin, ingin dimengerti ya dijelaskan, merasakan cinta ya nyatakan. Semua situasi disederhanakan.

Editor: A Team

Tags

Terkini

Lirik Lagu Melawan Restu dari Mahalini

Jumat, 26 November 2021 | 19:43 WIB

Lirik Lagu Bisa Tanpamu dari Andmesh Kamaleng

Jumat, 26 November 2021 | 17:58 WIB

Lirik Lagu Sisa Rasa dari Mahalini

Jumat, 26 November 2021 | 17:42 WIB

Lirik Lagu Runtuh dari Feby Putri feat. Fiersa Besari

Jumat, 26 November 2021 | 17:29 WIB

Lirik Lagu It's You dari Sezairi Sezali

Jumat, 26 November 2021 | 17:14 WIB

Lirik Lagu Pesan Terakhir dari Lyodra Ginting

Jumat, 26 November 2021 | 16:59 WIB

Kenali Lima Tanda Bra yang Kamu Pakai Terlalu Ketat

Selasa, 23 November 2021 | 17:58 WIB

Trik Memulai Percakapan dengan Gebetan, Dijamin Ampuh

Kamis, 11 November 2021 | 10:52 WIB

Arti Kata Bohir dan Cukong, Simak Perbedaannya

Minggu, 7 November 2021 | 14:38 WIB

Pria Bisa Terlihat Tua Jika Memakai Produk Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Arti Kata Boncos dan Cuan yang Kian Populer

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Semakin Aneh Nama CEO Semakin Luar Biasa Bisnisnya

Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:58 WIB

Yuk Kenali Tanda Kedewasaan Dalam Diri Kita

Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X