• Minggu, 28 November 2021

Semakin Aneh Nama CEO Semakin Luar Biasa Bisnisnya

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:58 WIB
nama CEO aneh
nama CEO aneh

Jika kita mengamati nama-nama bos atau CEO sukses kelas dunia, mayoritas memiliki nama yang aneh. Namanya unik-unik alias tidak pasaran, tapi bisnisnya luar biasa dan mendunia.

Sebut saja Ellon Musk, Satya Nadella, Jeff Bezos, Mark Zukerberg, Tim Cook, Oprah Winfrey Walt Disney dan lainnya. Mereka memiliki nama yang tak biasa tapi bisnisnya luar biasa.

Fenomena ini rupanya ditangkap oleh seorang ahli yang kemudian melakukan penelitian atas fakta-fakta tersebut. Ya, fakta bahwa CEO-CEO yang namanya aneh, mereka cenderung memiliki strategi bisnis yang  tidak umum.

Adalah seorang ahli bernama David Zhu dari Arizona State University bersama dua orang rekannya yang melakukan penelitian. Mereka melakukan pemetaan terhadap ribuan perusahaan dan mencari nama-nama pemiliknya yang tidak umum.

Pada kesimpulannya mereka menyatakan semakin aneh nama CEO, maka semakin aneh juga strategi bisnis yang dilakukannya.

Kesimpulan tersebut tentu saja bukan hasil "kirata" atau dikira-kira tapi nyata. Tapi mereka memiliki analisa dan alasan-alasan ilmiah atas penelitiannya itu. Berikut tiga poin analisa ilmiah yang mereka ungkapkan.

1. Terbiasa Berbeda


Secara psikologis orang-orang yang memiliki nama tak lazim diidentifikasi sejak awal sebagai orang yang berbeda dengan orang-orang di sekitarnya.

Dan karena kita mengembangkan konsep diri kita, sebagian besarnya dalam hubungan dengan orang lain, anak-anak yang dipandang sebagai bocah berbeda akan menginternalisasi persepsi itu. Mereka melihat dirinya berbeda dari bocah lain.

Persepsi itu melekat pada mereka hingga dewasa. Kemudian mereka yang menjadi CEO sering mengekspresikan kekhasan mereka dalam pilihan strategis yang mereka lakukan dalam bisnisnya.

2. Mental Tahan Banting


Sebagai pemilik nama tak lazim, di masa kecil sering diejek atau dibully gegara namanya itu. Tapi itu hanya sementara, seiring waktu mereka akan mampu mengatasi tantangan, bangkit dan membangun jalannya sendiri.

Karena seorang CEO umumnya adalah individu yang sangat percaya diri, jadi mereka mungkin lebih cenderung mencoba berbeda dan menonjol dari orang lain. Itulah yang pada akhirnya melahirkan pemikiran inovatif dan ide bisnis yang luar biasa.

Walaupun demikian, ternyata tak sedikit pula anak yang namanya tidak umum, tapi mereka gagal melewati kenyataan diejek dan dibully. Mereka tak memiliki mental yang kuat.

3. Bersiap Jadi Penerus Jika Punya Nama Aneh


David Zhu mengatakan hasil penelitian ini mungkin bisa menjadi alat efektif tim HRD untuk mencari calon pemimpin di perusahaannya.

David Zhu mengatakan para petinggi perusahaan juga harus memperhatikan nama manager lain, karena itu berarti mereka sedang menyiapkan generasi pemimpin berikutnya.

Kalau mereka mengantisipasi bahwa perusahaan akan membutuhkan beberapa perubahan besar dalam 10 tahun ke depan, memberi peluang orang-orang dengan nama yang tidak umum, bisa menjadi langkah yang cerdas.*

Editor: A Team

Tags

Terkini

Lirik Lagu Melawan Restu dari Mahalini

Jumat, 26 November 2021 | 19:43 WIB

Lirik Lagu Bisa Tanpamu dari Andmesh Kamaleng

Jumat, 26 November 2021 | 17:58 WIB

Lirik Lagu Sisa Rasa dari Mahalini

Jumat, 26 November 2021 | 17:42 WIB

Lirik Lagu Runtuh dari Feby Putri feat. Fiersa Besari

Jumat, 26 November 2021 | 17:29 WIB

Lirik Lagu It's You dari Sezairi Sezali

Jumat, 26 November 2021 | 17:14 WIB

Lirik Lagu Pesan Terakhir dari Lyodra Ginting

Jumat, 26 November 2021 | 16:59 WIB

Kenali Lima Tanda Bra yang Kamu Pakai Terlalu Ketat

Selasa, 23 November 2021 | 17:58 WIB

Trik Memulai Percakapan dengan Gebetan, Dijamin Ampuh

Kamis, 11 November 2021 | 10:52 WIB

Arti Kata Bohir dan Cukong, Simak Perbedaannya

Minggu, 7 November 2021 | 14:38 WIB

Pria Bisa Terlihat Tua Jika Memakai Produk Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Arti Kata Boncos dan Cuan yang Kian Populer

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Semakin Aneh Nama CEO Semakin Luar Biasa Bisnisnya

Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:58 WIB

Yuk Kenali Tanda Kedewasaan Dalam Diri Kita

Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X